Zailani, Zailani (2021) Tokoh Pendidikan Islam Muhammadiyah (Analisis Abdur Rozak Fachruddin). Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
DISERTASI AR FAKHRUDDIN terakhir (1).pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: Pertama, untuk mengetahui kepribadian AR Fachruddin sebagai tokoh Pendidikan Islam. Kedua, untuk mengetahui integritas AR Fachruddin dalam Pendidikan Islam dan dedikasinya di Muhammadiyah. Ketiga, untuk mengetahui kontribusi dan relevan pemikiran dalam Pendidikan Islam di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan sejarah, dengan sumber datanya salah satu adalah data kepustakaan. Adapun data primer dalam penelitian ini adalah karya-karya AR yang berkaitan dengan tema penelitian. Sedangkan data sekunder (data-data pendukung), didapat melalui karya orang lain yang mengkaji tentang AR, surat kabar, majalah, hasil wawancara lain-lainnya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumen. Hasil Penelitian ini, yaitu: Pertama, AR Fachruddin sebagai tokoh Pendidikan Islam. Dia memiliki kepribadian religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab. Kedua, AR adalah orang yang berintegritas. Dia seorang yang jujur, sesuai kata dan perbuatan serta teguh pendirian. AR mendedikasikan hidupnya untuk Muhammadiyah, seperti: Mengenalkan Muhammadiyah melalui ta’lim, gigih memperjuangkan kebaikan dengan santun, patuh dengan keputusan organisasi, bersedia dicalonkan sebagai anggota Dewan Pertimbangan Agung serta memegang amanah sebagai Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Ketiga, kontribusi AR dalam Pendidikan Islam di Muhammadiyah, yakni: Menentang pelarangan jilbab, sebagai guru, membina Hizbul Wathon, mengenalkan paham Muhammadiyah dan mendirikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Sedangkan relevansi pemikiran AR dalam Pendidikan Islam adalah: Pendidikan Muhammadiyah harus inklusif, mengarahkan anak-anak orang muslim ke sekolah Islam, orang tua sumber pendidikan, integritasi nilai di Perguruan Tinggi Muhammadiyah.
Jenis Item: | Skripsi (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 03 Sep 2021 07:45 |
Last Modified: | 03 Sep 2021 07:45 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12229 |
Actions (login required)
View Item |