Nilai-nilai Pedidikan Akhlak Menurut Imam Qusyairi di Dalam Kitab Ar Risalatul Qusyairiyah

Rohman, Abdul (2020) Nilai-nilai Pedidikan Akhlak Menurut Imam Qusyairi di Dalam Kitab Ar Risalatul Qusyairiyah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi Abdul Rohman Nst 3-dikonversi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ialah 1) Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak menurut Imam Qusyairi di dalam kitab Ar Risalatul Qusyairiyah 2) Untuk mengetahui penerapan nilai-nilai pendidikan akhlak menurut Imam Qusyairi di dalam kitab Ar-Risalatul Qusyairiyah dalam menanamkan akhlak terpuji bagi anak. Jenis penelitian ini adalah kepustakaan (library research) dan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data 1) Peneliti terlebih dahulu mencari kitab yang berkenaan tentang nilai-nilai pendidikan akhlak, seperti minhajul abidin, Ihya‟ ulumid-din, `Umdatur Raghibin 2) Setelah itu peneliti memilih dan memilah kitab yang tepat dan cocok untuk diteliti yaitu kitab Ar-Risalatul Qusyairiyah yang ditulis oleh Imam Ar-Risalatul Qusyairiyah , 3) Menelaah dan berusaha dalam memahami isi yang terkandung dalam kitab yang .ada relevansinya dengan topik pembahasan penelitian. Hasil Penelitian Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab ini yaitu Ikhlas, bertaubat, bertawakkal, sabar, ridho, memuliakan guru, persahabatan Penerapan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam pembelajaran baik formal, non formal, dan informal iyalah menuntun peserta didik agar mempunyai kualitas iman, takwa dan akhlak yang mulia.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan, Akhlak
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 25 Aug 2021 08:08
Last Modified: 25 Aug 2021 08:08
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12138

Actions (login required)

View Item View Item