Hanum, Lathifah (2021) Budaya Belajar Mahasiswa IAIN Langsa. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
Disertasi Lathifah Hanum - Repository.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi melalui paradigma psikologi belajar bertujuan untuk mengetahui budaya belajar mahasiswa dari 3 (tiga) fokus, yaitu cara, perilaku dan kebiasaan belajar mahasiswa prodi PAI FTIK IAIN Langsa. Peneliti sebagai key instrument memeroleh data menggunakan instrumen yang relevan, dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti menganalisis data dengan mereduksi, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Kemudian peneliti menguji keabsahan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode serta diskusi dengan teman sejawat. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah 1.) cara belajar; a. cara membaca; mahasiswa menggaris bawahi dengan garis solid atau putus-putus, menandai dengan angka dan stabilo, menuliskan poin-poin penting, mengunduh lalu mencetak. b. Cara menyimak dan mencatat; mahasiswa mencatat seluruh kalimat atau poin penting, mencatat di kertas atau buku catatan, ada yang harus melihat langsung gerak gerik dari dosennya. c. cara menghafal; menuliskan apa yang akan dihafal, memahami dan mengulang-ulang serta membayangkan. d. Cara berdiskusi yaitu diskusi kelompok kecil di dalam dan luar kelas perkuliahan secara formal, diskusi langsung dengan dosen pengampu dan dengan teman kuliah. e. Cara lainnya yang dilakukan mahasiswa yaitu pengalaman langsung (praktik), kunjungan ilmiah, Rihlah nadhafah dan Mini research. 2) Perilaku Belajar; a. mempersiapkan belajar dengan murajaah, membaca materi kuliah sesuai kerangka perkuliahan dari dosen, menuliskan pertanyaan yang akan diajukan dan ada yang tidak membaca apapun. b. Mengikuti perkuliahan; mahasiswa merasakan wajib hadir dan tepat waktu, memilih posisi duduk, berupaya mendengarkan, mencatat penjelasan dan mengikuti metode dari dosen. b. Kepemilikan buku teks dan referensi lainnya; tidak semua mahasiswa membeli dan memiliki buku dengan alasan mudah mendapatkan e-book gratis. c. Mahasiswa mengunjungi perpustakaan sesuai kebutuhan dan intensitas yang berbeda. d. Mempersiapkan Ujian dengan belajar kontinyu, ada juga yang tidak mempersiapkan ujian. e. Mahasiswa mengikuti ujian dengan baik dan seksama serta menjawab seluruh soal ujian walaupun jawaban tidak relevan. Terdapat juga yang meminta jawaban kepada teman dan ada yang tidak menjawab ujian. 3). Kebiasaan belajar; rerata mahasiswa memiliki kebiasaan dan lebih senang belajar sendiri dengan alasan dapat belajar maksimal dan teratur, sebagian mahasiswa lainnya memilih serta senang ikut belajar dalam kelompok dengan alasan lebih mudah memahami dan dapat saling berbagi. Setiap mahasiswa melakukannya tergantung waktu, mood, konsep diri, gaya belajar, suasana, situasi dan kondisi.
Jenis Item: | Skripsi (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 07:28 |
Last Modified: | 24 Aug 2021 07:28 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12115 |
Actions (login required)
View Item |