Sistem Kepenasehatan Akademik di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Madinah Kabupaten Mandailing Natal.

Hayati, Hasnah Leli (2020) Sistem Kepenasehatan Akademik di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Madinah Kabupaten Mandailing Natal. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis LELI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh diskripsi secara rinci tentang: (1). Sistem kepenasehatan akademik yang dilaksanakan di STAIN Madina Kabupaten Mandailing Natal. (2). Kendala-kendala yang ditemui dalam pelaksanaan sistem kepenasehatan akademik di STAIN Madina Kabupaten Mandailing Natal. (3). Usaha-usaha yang ditempuh dalam upaya mengatasi kendala-kendala dalam pelaksanaan kepenasehatan akademik di STAIN Madina Kabupaten Mandailing Natal.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian fenomenologis, dandengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan; observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Prosesanalisa data dilakukan mulaidari; reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan triangulasi dan member cheks. Hasil penelitian ini adalah (1) Sistem kepenasehatan akademik di STAIN Madina Kabupaten Mandailing Natal. Penasehat akademik di tentukan oleh Ketua Prodi, penasehat akademik adalah dosen tetap prodi, baik itu PNS maupun Non PNS, yang memiliki NIDN, Dalam 1 tahun dosen pensehat akademik akan diberikan 15 mahasiswa, kepenasehatan akademik yang dilakukan oleh dosen penasehat akademik sangat baik, dan dilakukan dengan sungguh- sungguh. (2) Kendala-kendala yang ditemui dalam pelaksanaan sistem kepenasehatan akademik di STAIN Madina Kabupaten Mandailing Natal berasal dari mahasiswa yang tidak mengikuti jadwal yang telah ditentukan oleh STAIN Madina untuk melakukan bimbingan, banyak mahasiswa yang sering terlambat melaporkan hasil studinya kepada dosen pembimbing, hal ini dikarenakan mahasiswa kurang aktif dalam mencari informasi-informasi akdemik, sehingga tidak mengetahui jadwal dengan pasti untuk melakukan bimbingan akademik. (3) Usaha-usaha apa yang ditempuh dalam upaya mengatasi kendala-kendala dalam pelaksanaan kepenasehatan akademik di STAIN Madina Kabupaten Mandailing Natal, akan menerapkan sanksi untuk mahasiswa yang melakukan bimbingan akademik di luar jadwal, dan mengenai sanksinya diserahkan kepada dosen pensehat masing-masing, dengan memberikan sanksi yang mendidik, seperti memberikn hafalan al-quran bagi yang terlambat melakukan bimbingan di luar jadwal, dosen juga harus mencari tahu berbagai alasan-alasan yang di hadapi oleh mahasiswa

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepenasehatan Akademik, STAIN Madina
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.38 Pendidikan tinggi (universitas, institut, sekolah tinggi, akademi)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 20 Aug 2021 08:21
Last Modified: 20 Aug 2021 08:21
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12104

Actions (login required)

View Item View Item