Pandangan Pengadati terhadap Kematian Kristen Masyarakat Batak Toba Desa Ujung Serdang Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang

Manik, Herman Plani (2020) Pandangan Pengadati terhadap Kematian Kristen Masyarakat Batak Toba Desa Ujung Serdang Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
ilovepdf_merged.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Judul Skripsi Penelitian ini, membahas tentang " Pandangan Pengadati terhadap Kematian Kristen Masyarakat Batak Toba Desa Ujung Serdang Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang". Adapun yang menjadi pokok permasalahan penelitian ini tersebut dibagi dalam 3 sub bab, yaitu : 1) Apakah makna Mengadati Orang yang Meninggal bagi agama Kristen Batak Toba Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang, 2) Bagaimana proses Mengadati dalam Kristen Batak Toba Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang, 3) Bagaimana bentuk Mengadati Orang Meninggal dalam pandangan Kristen Batak Toba Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. Jenis penelitian ini adalah merupakan file riset, dengan pendekatan Antropologi budaya. Adapun sumber data penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diolah, di kumpulkan, dan di sajikan, sebab dari itu penulis menggunakan metode wawancara dalam pengumpulan datanya, dilingkungan masyarakat Desa Ujung Serdang, data sekunder adalah bahan-bahan atau data yang menjadi pelengkap atau penunjang dari sumber data primer. Hasil penelitian ini adalah pandangan Kristen dalam Mengadati Orang Meninggal ialah salah satu ciri dari tujuan bagaimana mereka memperlakukan jenazah saur matua lebih istimewa bagi keluarganya sendiri. Makna mengadati saur matua ialah sebenarnya dia diadati supaya lebih tinggi derajatnya di sisi Tuhan (Allah) mereka. Dan mereka sangat berterima kasih kepada Tuhan karena umur dari keluarga yang paling tua di antara mereka sangat panjang dan berhasil menikahkan semua anak-anaknya sampai tidak ada lagi tanggung jawabnya. Dengan adanya adat ini bagi suku Batak ialah hal yang paling indah dan istimewa karena seluruh sanak keluarga yang jauh datang dan memberi penghormatan terakhir bagi nenek/ kakek mereka yang meninggal. Dalam diri manusia yang lebih muncul dulu ialah adat kemudian di susul oleh agama, jadi tidak kemungkinan adat yang mereka peroleh dilanjutkan sampai ke generasi berikutnya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Adat, Kematian, Masyarakat Kristen Batak Toba, Tanjung Morawa, Deli Serdang
Subjects: 200 Religion > 240 Christian moral and devotional theology > 249 Christian observances in family life
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Studi Agama-Agama > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 05 Aug 2021 04:29
Last Modified: 05 Aug 2021 04:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11999

Actions (login required)

View Item View Item