Analisis Framing Berita Covid-19 di Medan Pada Media Online (Studi Kasus Pada Media Waspada.co.id dan Analisadaily.com Periode 18 Maret – 24 Maret 2020)

Rosady, Annisa (2020) Analisis Framing Berita Covid-19 di Medan Pada Media Online (Studi Kasus Pada Media Waspada.co.id dan Analisadaily.com Periode 18 Maret – 24 Maret 2020). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANNISA ROSADY.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah sintaksis, skrip, tematik, dan retoris dan perbandingan pembingkaian berita covid-19 pada media online waspada.co.id dan analisadaily.com. Teori yang digunakan untuk mengupas penelitian ini adalah Teori Konstruksi Sosial. Objek penelitian adalah delapan berita dari 18 Maret 2020 sampai dengan 24 Maret 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembingkaian berita Covid-19 di Medan yang dilakukan Waspada.co.id dan Analisadaily.com menciptakan suatu konstruksi sosial yaitu tentang informasi terbaru mengenai Covid-19 dan upaya yang dilakukan dalam penanganan Covid-19. Analisadaily.com tidak menggunakan unsur 5W+1H secara lengkap, sedangkan Waspada.co.id menggunakan unsur 5W+1H secara lengkap. Waspada.co.id menuliskan fakta secara detail dan panjang dibandingkan Analisadaily.com sehingga secara tematik, Waspada.co.id menggunakan koherensi secara beragam dibandingkan Analisadaily.com. Dan, Waspada.co.id juga menggunakan idiom didalam beritanya untuk menekankan fakta sedangkan Analisadaily.com tidak menggunakan idiom didalam beritanya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Framing, berita Covid-19, Analisa, Waspada.
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social processes
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 30 Jul 2021 03:50
Last Modified: 30 Jul 2021 03:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11941

Actions (login required)

View Item View Item