Analisis Penerapan PSAK No. 23 Tentang Pendapatan (Studi Kasus PT. Suriatama Mahkota Kencana Suzuya Plaza Hotel Rantauprapat)

Ritonga, Siti Hartina (2019) Analisis Penerapan PSAK No. 23 Tentang Pendapatan (Studi Kasus PT. Suriatama Mahkota Kencana Suzuya Plaza Hotel Rantauprapat). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Siti Hartina Ritonga-NIM 0502152081.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahasa mengenai analisi perbandingan metode pengakuan dan pengukuran pendapatan di suzuya hotel Rantauprapat. Dimana sistem pencatatan yang disesuaikan dengan standar yang berlaku yakni PSAK NO 23. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah metode pencatatan pandapatan di suzuya hotel Rantauprapat sudah sesuai atau tidak. Teknis analisi data yang dingunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis data yang digunakan data primer berupa kegiatan wawancara yang dilakukan secara langsung dan data sekunder berupa dokumen-dokumen perusahanan yang berkaitan dengan penelitian yang diijinkan oleh pihak hotel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengakuan atas pendapatan belum sepenuhnya di catatat dengan metode accrual basis masih ada yang menggunakan metode cas basis. Yakni ketika pemesanan kamar secara langsung di hotel oleh costumer maka pembayaran dilakukan diawal dan dicatat sebagai kas dan pendapatan. Berbeda dengan pesanan melalui aplikasi maka pencatatan dilakukan setelah mendapatkan transfer dari pihak aplikasi tersebut. Sehingga pencatatan atas pengakuan pendapatan di suzuya hotel belum sepenuhnya sesuai dengan standar PSAK NO 23.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 21 Jul 2021 03:57
Last Modified: 21 Jul 2021 03:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11908

Actions (login required)

View Item View Item