Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Membangun Iklim Sekolah Di Madrasah Aliyah Al Washliyah 49 Pasar Lembu Air Joman Asahan

Imran, Imran (2021) Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Membangun Iklim Sekolah Di Madrasah Aliyah Al Washliyah 49 Pasar Lembu Air Joman Asahan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Disertasi Imran - Repository.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tipe kepemimpinan, menganalisis keteladanan kepemimpinan kepala madrasah, menganalisis komunikasi interpersonal kepala madrasah, dalam membangun iklim sekolah di Madrasah Aliyah Al-Washliyah 49 Pasar Lembu Kecamatan Air Joman Kabupaten Asahan. Adapun jenis penelitian yang penulis gunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode kualitatif yaitu pengamatan, wawancara, atau penelaahan dokumen. Adapun hasil temuan penelitian diantaranya adalah sebagai berikut: 1. Tipe Kepemimpinan Kepala Madrasah Al Washliyah 49 Pasar Lembu adalah Kolaborasi Tipologi Kepemimpinan dengan Sistem Kolektif Kolegial melalui Kepemimpinan Demokratis, Paternalis dan Kharismatik sehingga apapun yang didesain dalam menjalankan tugas kepemimpinannya selalu mendapat sambutan hangat baik dari guru, siswa, orang tua maupun masyarakat. 2. Keteladanan Kepemimpinan Kepala Madrasah Al Washliyah 49 Pasar Lembu dapat dilihat yang dilaksanakan kepala madrasah dari pola yang diterapkan Rasulullah Saw dalam kehidupan sehari-hari dengan 9 item yaitu Perilaku Sosial yang Baik, Lembut namun Tegas, Hidup Sederhana, Ketetapan Hati dan Sabar, Kepemimpinan-Administrasi-Konsultasi (musyawarah), Teratur dan Tertib, Mau Mendengarkan Kritik dan Saran, Memerangi Kelemahan, Memiliki Kualitas sebagai Pemimpin. 3. Komunikasi Interpersonal Kepala Madrasah Al Washliyah 49 Pasar Lembu dilihat dari yang sudah dilaksanakan pola etika komunikasi Islam yaitu “Qaulan Sadīdan (perkataan benar, lurus, jujur), Qaulan Maʻrūfa (perkataan yang baik), Qaulan Karīma (perkataan yang mulia), Qaulan Maisyūra (perkataan yang ringan), Qaulan Layyina (perkataan yang lemah lembut) dan Qaulan Balīghan (perkataan yang membekas pada jiwa, tepat sasaran, komunikatif, mudah mengerti). 4. Sedangkan Pembangunan Iklim Sekolah di Madrasah Al Washliyah 49 Pasar Lembu adalah “Iklim Terbuka” dengan keteladanan dan dapat dilihat dari pertama tipe Kepemimpinannya yang menggunakan sistem Kolektif Kolegial melalui tipe kolaborasi: Demokrasi, Paternalis dan Kharismatik, kedua Keteladanan Kepemimpinan dengan pola yang diterapkan Rasulullah Saw dalam kehidupan sehari-hari dengan 9 item, ketiga Komunikasi Interpersonal kepala madrasah dengan pola etika komunikasi Islam 6 item. Hasil penelitian di atas bahwa Kepemimpinan, Keteladan, Komunikasi interpersonal kepala madrasah dengan pembangunan Iklim Terbuka direkomendasikan untuk menjadi contoh/rujukan madrasah Al Washliyah lainnya baik di Kabupaten Asahan maupun di MAS Al Washliyah dimana saja berada.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 21 Jul 2021 03:33
Last Modified: 21 Jul 2021 03:33
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11905

Actions (login required)

View Item View Item