Upaya Peningkatan Kompetensi Dosen Pendidikan Agama Islam Di STAI Al- Hikmah Medan

Hasibuan, Siti Rahmah (2016) Upaya Peningkatan Kompetensi Dosen Pendidikan Agama Islam Di STAI Al- Hikmah Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis Siti Rahmah.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya peningkatan kompetensi dosen pendidikan agama Islam di STAI Al-Hikmah Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu riset lapangan. Intrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Untuk keabsahan data digunakan teknik penyajian keabsahan data penelitian dengan mengacu kepada empat standar validasi yaitu keterpecayaan (credibility), dapat ditransfer (transferability), ketergantungan (dependability), dan kepastian atau dapat dikonfirmasi (confirmability). Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat diketahui bahwa upaya peningkatan kompetensi pendidikan agama Islam di STAI Al-Hikmah Medan, ialah (1) Memberikan kesempatan dan dukungan melalui peningkatan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu S3, dan saat ini ada 5 orang dosen pendidikan agama Islam sedang melanjutkan studi; (2) Pembinaan dan pengembangan non-pendidikan antara lain: (a) Dosen pendidikan agama Islam untuk mengikuti studi banding, seperti: pelatihan bahasa Arab di UIN Malang; Tehnik Penelitian Kualitatif di LP2M UIN-SU; (b) Memberikan kesempatan dan mengikutsertakan dalam kegiatan seminar, baik yang bertaraf lokal, nasional maupun Internasional, seperti Seminar Nasional,”Pengembangan SDM Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Tantangan Masa Depan” tahun 2014, Seminar Nasional Peranan Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Agama, Seminar Karakter berlandaskan al-qur’an dan hadis; (c) Melaksanakan workshop khusus Dosen-dosen STAI Al-Hikmah Medan, seperti Workshop Pelatihan Penyusunan RKBM/RPS Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hikmah Medan, Workshop Pelatihan Penyusunan RKBM Dosen PTAIS Kopertais Wil IX; Pelatihan Pendidikan dan Pelatihan Nasional Tentang Strategi Penyusunan Materi Ajar yang Efektif; (d) fasilitas studi banding ke lembaga bahasa Arab di UIN Malang; (e) Mengirim sebagai peserta dalam kegiatan workshop dan pelatihan, seperti undangan seminar Tehnik Penelitian Kualitatif di LP2M UIN-SU; (f) Kesempatan karya wisata bagi dosen, seperti : Malaysia, Bali, Aceh, Padang, Surabaya, Jogjakarta dan Bandung, akan menambahkan wawasan dan pengalaman baik dari segi pendidikan, sosial dan budaya, ekonomi, sejarah, teknologi dan pesona alam setiap daerah; dan (g) wadah interaksi antar dosen dengan dosen yaitu Ikatan Silatuhrahim Al-Hikmah (ISLAH) yang telah dibentuk sejak tahun 2012, dengan tujuan bertemunya anggota keluarga, silatuhrahim, jikapun terdapat masalah dapat dirumuskan secara kekeluargaan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 19 Jul 2021 07:24
Last Modified: 19 Jul 2021 07:24
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11904

Actions (login required)

View Item View Item