Pengaruh Penggunaan Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (Apmk) Dan Elektronik Money (E-Money) Terhadap Permintaan Uang Kartal Di Indonesia

Sitorus, Maya Lestari (2020) Pengaruh Penggunaan Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (Apmk) Dan Elektronik Money (E-Money) Terhadap Permintaan Uang Kartal Di Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_MAYA 2bb pdfff.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Peningkatan penggunaan sistem pembayaran non tunai seperti APMK (kartu ATM/debit dan kartu kredit) dan uang elektronik (e-money) juga berdampak terhadap fungsi permintaan uang, dimana permintaan uang merupakan salah satu faktor penting untuk bank sentral dalam menentukan kebijakan moneter. Meningkatnya transaksi APMK (kartu ATM/debit dan kartu kredit) dan uang elektronik (e-money) berpengaruh positif dan negatif terhadap permintaan uang kartal di Indonesia oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh transaksi kartu ATM/debit terhadap permintaan uang kartal di Indonesia; (2) pengaruh transaksi kartu kredit terhadap permintaan uang kartal di Indonesia; (3) pengaruh transaksi kartu E-Money terhadap permintaan uang kartal di Indonesia; (4) pengaruh kartu ATM/debit, kartu kredit dan E�Money terhadap permintaan uang kartal di Indonesia; Data penelitian ini adalah data sekunder yang di peroleh langsung dari Bank Indonesia dan Kementrian Perdagangan Republik Indonesia priode 2015-2019. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah OLS (Ordinary Least Square). Dalam penelitian ini menggunakan Eviews 8.0 sebagai estimasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) transaksi kartu ATM/debit berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan uang kartal di Indonesia dengan nilai signifikansi 0,0000 yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 5%. Artinya, semakin tinggi transaksi kartu debit maka permintaan uang kartal akan menurun. (2) transaksi kartu kredit berpengaruh negatif dan signifikan terhadap permintaan uang kartal di Indonesia dengan nilai signifikansi 0,0009 yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 5%. Artinya semakin tinggi transaksi kartu kredit maka permintaan uang kartal akan meningkat. (3) E-Money berpengaruh positif dan signfikan dengan nilai signifikansi 0,0000 yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 5%. Artinya, semakin tinggi transaksi kartu E-Money maka permintaan uang kartal akan menurun. (4) transaksi kartu ATM/debit, transaksi kartu kredit dan transaksi kartu E-Money berpengaruh signifikan terhadap permintaan uang kartal di Indonesia.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah Hutasoit
Date Deposited: 07 Jul 2021 07:51
Last Modified: 07 Jul 2021 07:51
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11838

Actions (login required)

View Item View Item