Pengaruh BOPO, FDR, DPK, ROA Terhadap Market Share Bank Umum Syariah Di Indonesia (Periode 2013 - 2019)

Pratama, S. Aditya Rizky (2020) Pengaruh BOPO, FDR, DPK, ROA Terhadap Market Share Bank Umum Syariah Di Indonesia (Periode 2013 - 2019). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Fix S. Aditya Rizky.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh BOPO, FDR, DPK, ROA terhadap MARKET SHARE Bank Umum Syariah di Indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pertumbuhan market share perbankan syariah yang masih dikategorikan lambat dan cenderung stagnan. Perkembangan perbankan syariah yang signifikan dari tahun ke tahun ternyata belum mampu menciptakan nilai market share yang tiggi. Keberhasilan industri perbankan syariah ini tidak diimbangi dengan perkembangan market share-nya. Perbankan syariah seharusnya menguasai pangsa pasar dimana dengan potesi pasar yang ada di Indonesia, mengingat bahwa di negara Indonesia mayoritas penduduknya adalah muslim. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Kemudian sumber data yang digunakan adalah data sekunder, yaitu laporan tahunan (Annual Report) yang di publikasikan pada website resmi masing-masing BUS dari tahun 2013-2019. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan uji regresi linear berganda dimana variabel BOPO, FDR, DPK, ROA sebagai variabel independent dan MARKET SHARE sebagai variabel dependent. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan BOPO, FDR, DPK, ROA berpengaruh signifikan terhadap Market Share. Kemudian secara parsial BOPO tidak berpengaruh terhadap Market Share dengan nilai t hitung sebesar - 1,797 dan nilai probabilitas signifikansi sebesar 0,077. Secara parsial FDR berpengaruh positif dan signifikan terhadap Market Share dengan nilai t hitung sebesar 6,019 dan nilai probabilitas signifikansi sebesar 0,000. Secara parsial DPK berpengaruh positif dan signifikan terhadap Market Share dengan nilai t hitung sebesar 41,843 dan nilai probabilitas signifikansi sebesar 0,000. Secara parsial ROA berpengaruh positif dan signifikan terhadap Market Share dengan nilai t hitung sebesar 2,133 dan nilai probabilitas signifikansi sebesar 0,037

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 06 Jul 2021 04:45
Last Modified: 06 Jul 2021 04:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11816

Actions (login required)

View Item View Item