Sikap Politik Pengurus Wilayah Partai Persatuan Pembangunan Sumatera Utara Terhadap Penolakan Pengusungan Pasangan Djarot-Sihar Pada Pemilihan Gubernur Sumatera Utara Tahun 2018 (Analisis Fikih Siyasah Studi Kasus Di DPW PPP Sumut Kota Medan)

Bayhaqqi, Fachru Rozi (2021) Sikap Politik Pengurus Wilayah Partai Persatuan Pembangunan Sumatera Utara Terhadap Penolakan Pengusungan Pasangan Djarot-Sihar Pada Pemilihan Gubernur Sumatera Utara Tahun 2018 (Analisis Fikih Siyasah Studi Kasus Di DPW PPP Sumut Kota Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FACHRUROZI ACC-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi Penelitian ini di dasari oleh pengusungan pasangan calon Gubernur Sumatera Utara Tahun 2018 oleh Partai Persatuan Pembangunan terhadap Djarot- Sihar. Bahwa Partai Persatuan Pembangunan merupakan wahana perjuangan umat Islam Indonesia untuk mewujudkan masyarakat yang bertakwa kepada Allah Subhanahu Wata’ala dan mengokohkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang adil, makmur, sejahtera, bermoral, demokratis, menegakkan supremasi hukum, serta menjunjung tinggi harkat-martabat kemanusiaan dan keadilan sosial berdasarkan pada nilai-nilai keislaman dan Pancasila. Seperti yang kita ketahui bahwa PPP adalah partai yang berazazkan islam sementara pasangan yang di usung adalah pasangan pelangi atau muslim dan non muslim, namun pengusungan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di tolak oleh DPW PPP Sumut, di sebabkan faktor agama sihar tidak sesuai dengan azaz partai,. Rumusan Masalah dalam Skripsi ini adalah Mengapa DPW PPP Sumut bersikap menolak terhadap pengusungan pasangan Djarot Sihar, Bagaimana Analisis Fikih Siyasah Terhadap Sikap penolakan DPW PPP Sumut terhadap pasangan Djarot Sihar dalam PILGUBSU 2018. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apa penyebab dan juga dampak dari penolakan DPW PPP Sumut atas pengusungan pasangan calon Djarot-sihar sebagai calon gubernur Sumatera Utara oleh DPP PPP. Konsep yang digunakan sebagai teori dalam penelitian ini yakni pemecahan masalah dalam konflik internal partai politik yang ditinjau dalam Fikih Siyasah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sikap politik dan dampak pengurus wilayah Partai Persatuan Pembangunan Sumatera Utara yang menolak pengusungan pasangan Djarot-Sihar dalam pemilihan umum Gubernur Sumatera Utara Tahun 2018 yang ditinjau dari kajian Fikih Siyasah. Penelitian ini merupakan penelitian Yurdis Normatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap politik DPW PPP Sumut terhadap putusan DPP PPP dalam mengusung pasangan muslim-non muslim adalah menolak untuk mendukung calon yang diusung oleh DPP PPP dikarenakan pasangan calon yang diusung tidak sesuai dengan asas partai dan petunjuk pelaksana pencalonan yang dikeluarkan oleh DPP. Adapun dampak yang terjadi akibat dari putusan DPP tersebut adalah aksi masal yang dilakukan kader DPP dibeberapa wilayah sumut, kemudian hilangnya kepercayaan masayarakat terhadap Partai Islam. Menurut analisis Fikih Siyasahpun sikap DPW PPP yang menolak untuk mendukung pasangan calon yang diusung DPP sudah tepat karena memang tidak sesuai dengan asas keislaman.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.2 Politik
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 22 Jun 2021 06:31
Last Modified: 22 Jun 2021 06:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11721

Actions (login required)

View Item View Item