Peran Pendayagunaan Zakat Produktif Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Dalam Pelaksanaan Tujuan Program Pembangunan Berkelanjutan (Sdgs) (Studi Kasus : Baznas Provinsi Sumatera Utara)

Aldino, Nico (2021) Peran Pendayagunaan Zakat Produktif Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Dalam Pelaksanaan Tujuan Program Pembangunan Berkelanjutan (Sdgs) (Studi Kasus : Baznas Provinsi Sumatera Utara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Print Skripsi Noico Aldino.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Zakat merupakan sebuah ibadah yang mengandung dua dimensi, yaitu dimensi ibadah langsung kepada Allah dan ibadah ke sesama manusia. Di sisi lain zakat juga merupakan ibadah yang mengedepankan nilai-nilai sosial disamping nilai-nilai spiritual. Selain itu pemberdayaan dana zakat, infaq dan shodaqoh bila dikelola dengan baik maka akan meningkatkan kesejahteraan ummat, mengaitkan peran pendayagunaan zakat terhadap kemiskinan sebagai pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) poin pertama yaitu mengentaskan kemiskinan. Hal ini yang melatarbelakangi untuk diadakan penelitian. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah: Bagaimana peran Program pembangunan berkelanjutan (SDGs) dalam mengentaskan kemiskinan dan peran pendayagunaan zakat produktif terhadap pengentasan kemiskinan dan keterkaitannya dalam pencapaian tujuan program pembangunan berkelanjutan (SDGs). Pelaksanaan dari pengelolaan zakat di Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Sumatera Utara berdasarkan Undang Undang Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat. Oleh karena itu Penelitian ini menggunakan metodologi peneltian Kualitatif dekskriptif. Pengumpulan data dan fakta dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam pengumpulan BAZNAS Sumatera Utara menggunakan dua program yaitu program penghimpunan zakat dan program penghimpunan infaq/shodaqoh. Dalam pendistribusian dana zakat, infaq, dan shodaqoh BAZNAS Sumatera Utara menggunakan 5 program kerja yaitu Bina Sumut Peduli, Bina Sumut Sehat, Bina Sumut Cerdas, Bina Sumut Makmur, dan Bina Sumut Taqwa. Sedangkan untuk strategi yang digunakan BAZNAS Sumatera Utara dapat dibedakan menjadi empat bagian yaitu: 1) strategi pemberdayaan zakat pada BAZNAS Sumatera Utara dengan memberikan bantuan modal bertujuan untuk pengembangan usaha. 2) motivasi moril dimaksudkan penerangan tentang fungsi, hak dan kewajiban manusia dalam hidupnya, seperti beriman, beribadah, bekerja, berikhtiar. 3) Pelatihan usaha dimaksudkan untuk pemahaman terhadap konsep konsep kewirausahaan dengan segala macam seluk beluk permasalahan yang ada. 4) memberdayakan para mustahik yaitu dengan memberikan bantuan atau menyediakan berbagai fasilitas untuk masyarakat agar mandiri

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.1 Ibadah > 2X4.14 Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 03 Jun 2021 07:51
Last Modified: 03 Jun 2021 07:51
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11634

Actions (login required)

View Item View Item