Layanan Informasi Dalam Rangka Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika (Studi Di SMK Swasta Kartika 1-3 Medan)

Safitri, Nurlia Mona (2020) Layanan Informasi Dalam Rangka Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika (Studi Di SMK Swasta Kartika 1-3 Medan). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Nur Lia Mona Safitri.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan layanan informasi dalam rangka pencegahan penyalahgunaan narkotika di SMK Swasta Kartika 1-3 Medan; 2) Kekuatan dan kendala pelaksanaan pemberian layanan informasi di SMK Swasta Kartika 1-3 Medan; dan 3) Upaya penanggulangan kendala pelaksanaan layanan informasi oleh guru pembimbing di SMK Swasta Kartika 1-3 Medan. Penelitian tesis ini ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik-teknik pengumpulan menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dukumen sedangkan untuk memperkuat kesahihan data hasil temuan dan keotentikan penelitian, maka peneliti mengacu kepada penggunaan standar keabsahan data terdiri dari creadibility, tranferability, dependability dan comfirmability. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan layanan informasi dalam pencegahan penyalahgunaan narkotika di SMK Swasta Kartika 1-3 Medan dimana Materi layanan informasi mencakup pengertian narkotika, jenis narkotika, faktorfaktor menyebab penyalahgunaan narkotika dan dampak penyalahgunaan narkotika. Materi layanan informasi tersebut belum didukung dengan materi tentang tugas-tugas perkembangan remaja; Metode yang dilaksanakan dalam layanan informasi adalah: ceramah, diskusi, tanya jawab dan memakai buku panduan. Untuk metode karyawisata dan “konferensi karier” belum dapat dilaksanakan; dan Layanan informasi dilaksanakan setiap awal semester dan sekali dalam sebulan pada setiap minggu pertama; 2) Kekuatan dan kendala pelaksanaan layanan informasi dalam pencegahan penyalahgunaan narkotika di SMK Swasta Kartika 1-3 Medan, dimana kekuatan dalam pelaksanaan layanan informasi adalah menggunakan buku panduan secara permanen sehingga pelaksanaan lebih terarah dan terprogram dengan baik, partisipasi aktif tutor sebaya lebih optimal dan komunikasi dapat tercipta lebih efektif, kendala dalam pelaksanaan layanan informasi adalah waktu yang kurang mencukupi, kemampuan dan penguasaan serta wawasan dan keterampilan metode dan materi tentang narkotika oleh guru pembimbing dan tutor sebaya yang masih belum memadai, hasil layanan kurang dapat diketahui secara pasti, dan kurangnya narasumber yang berkompeten dalam masalah narkotika di sekolah; dan 3) Upaya guru pembimbing dalam menanggulangi kendala yang timbul pada layanan informasi dalam pencegahan penyalahgunaan narkotika adalah mengusulkan adanya jam khusus untuk masuk kelas pada jam pelajaran, lebih mengefektifkan pelatihan guru pembimbing dan tutor sebaya sebagai pelaksana layanan informasi, melaksanakan penilaian dengan menggunakan format dan pedoman yang ada dalam pelaksanaan layanan informasi, dan merencanakan serta berusaha untuk mendatangkan narasumber dari luar sekolah.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social intercd /ction
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 29 May 2021 15:10
Last Modified: 29 May 2021 15:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11609

Actions (login required)

View Item View Item