Analisis Yuridis Perlindungan Hukum Terhadap Anak Yang Mengalami Toxic Parenting Menurut Kompilasi Hukum Islam dan Undang-undang No 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak (Studi Kasus Desa Marindal I Kec. Patumbak Kab. Deli Serdang)

HS, Hussein Abdurrohman (2021) Analisis Yuridis Perlindungan Hukum Terhadap Anak Yang Mengalami Toxic Parenting Menurut Kompilasi Hukum Islam dan Undang-undang No 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak (Studi Kasus Desa Marindal I Kec. Patumbak Kab. Deli Serdang). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Revisi Skripsi Sidang Hussein.pdf

Download (655kB) | Preview

Abstract

Pengasuhan anak adalah sebuah kewajiban bagi orang tua sebagaimana yang diatur dalam UU No 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak, sejalan dengan Undang-undang tersebut dalam Kompilasi Hukum Islam Pasal 77 ayat 3 juga mengatur mengenai kewajiban orang tua terhadap pemeliharaan anak. Namun pemeliharaan anak tak selamanya berjalan dengan baik, adakalanya pemeliharaan cenderung menggunakan kekerasan dalam prakteknya. Pola pemeliharaan yang buruk terhadap anak disebut dengan Toxic Parenting.Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan : (1) bagaimana pemahaman Masyarakat Desa Marindal I mengenai Toxic Parenting, (2) bagaimana pola Toxic Parenting di Desa Marindal I, (3) bagaimana perlindungan hukum bagi anak yang mengalami Toxic Parenting. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analitis dimana menggunakan pendekatan yuridis empiris atau sosiologi hukum dalam masyarakat guna mendapatkan data-data yang akurat yang terjadi dalam interaksi sosial di masyarakat. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap Pola Asuh anak di Desa Marindal I Kec. Patumbak Kab. Deli serdang ialah masyarakat kerap menggunakan pola asuh yang buruk (Toxic Parenting) dalam pengasuhannya kepada anak. Penggunaan pola asuh yang buruk ini terjadi dikarenakan kurangnya pemahaman masyarakat terhadap istilah dan produk- produk hukum yang ada.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Toxic Parenting, Perlindungan Hukum
Subjects: 2X4 FIQH
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ahwal Syakhshiyyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 28 May 2021 04:59
Last Modified: 28 May 2021 04:59
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11603

Actions (login required)

View Item View Item