Pengaruh Media Katu DOMAT (Domino Matematika) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Senilai Di MIS Percut Sei Tuan

Azizah, Nur (2020) Pengaruh Media Katu DOMAT (Domino Matematika) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Senilai Di MIS Percut Sei Tuan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Nur Azizah.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pemilihan media pembelajaran yang tepat membantu peserta didik memahami dengan caranya sendiri akan menghasilkan siswa yang aktif dan kreatif. Media kartu DOMAT (Domino Matematika) merupakan salah satu media yang digunakan untuk melatih fokus, perhatian, konsentrasi dan strategi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media kartu DOMAT (Domino Matematika) terhadap hasil belajar matematika materi pecahan senilai di MIS Percut Sei Tuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian adalah Quasi Eksperiment (eksperimen semu). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Dalam desain ini sampel dipilih secara Simple Random Sampling. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 27 siswa. 14 siswa sebagai kelas eksperimen dan 13 siswa sebagai kelas kontrol. Temuan penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan media kartu DOMAT (Domino Matematika) terhadap hasil belajar matematika materi pecahan senilai di MIS Percut Sei Tuan. Dianalisis dengan uji wilcoxon dan diperoleh hasil bahwa Asym Sig < taraf signifikan yaitu 0,001 < 0,05, sehingga terdapat perbedaan hasil pretest dan posttest dengan menggunakan media. Sebagai hasil akhir dilakukan uji hipotesis Mann-Whitney dan diperoleh hasil signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,001<0,05 sehingga berdasarkan kriteria pengambilan keputusan maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MEDIA KARTU DOMAT (DOMINO MATEMATIKA), HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 25 May 2021 07:59
Last Modified: 25 May 2021 07:59
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11592

Actions (login required)

View Item View Item