Manajemen Peningkatan Mutu Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan

Rangkuti, Yeni Sri Wahyuni (2019) Manajemen Peningkatan Mutu Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Disertasi Yeni Sri Wahyuni.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mutu perguruan tinggi dapat dilihat dari nilai akreditasi perguruan tinggi tersebut. Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan secara konsisten senantiasa melakukan perbaikan dan pemenuhan standar yang ditetapkan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (ristek dikti). Saat ini kampus berciri khas hijau itu berhasil mendapatkan akreditasi B. Disisi lain, mutu perguruan tinggi juga dapat dilihat dari rangking perguruan tinggi tersebut di tingkat internasional, nasional dan regional. Ditingkat nasional UMN Al- Washliyah Medan berada pada rangking 159 dari 500 perguruan tinggi yang dinilai pada tahun 2018. Kemudian saat ini UMN Al-Washliyah Medan tidak masuk dalam 10 besar universitas swasta terbaik di Sumut. Tahun 2019 UMN Al- Washliyah menempati posisi ke 11 rangking universitas di propinsi Sumatera Utara. Satu sisi, UMN Al-Washliyah Medan memiliki nilai akreditasi yang cukup mumpuni yaitu akreditasi B namun disisi lain universitas ini belum mampu bersaing dalam 100 besar universitas Nasional dan 10 besar universitas di tingkat regional (Propinsi sumatera Utara). Kerangka penelitian ini berdasarkan pada teori George R. Terry dalam bukunya The Principles of Management, Homewood Illionis sebagai Grand Theoriy. Beliau menyatakan bahwa Fungsi manajemen yaitu: yaitu: planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuating (penggerakan/pengarahan) dan controlling (pengendalian). Kemudian Middle Range Theory penelitian ini berdasarkan pendapat Edward Sallis bahwa konsep manajemen peningkatan mutu sebagai sebuah proses manajemen yang berkesinambungan dan menyeluruh pada aspek planning, organizing, staffing dan controlling terhadap seluruh kinerja dan kegiatan sebuah organisasi. Dan Applied Theory penelitian ini berdasarkan pendapat Syahrizal Abbas, bahwa fungsi manajemen perguruan tinggi adalah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan/penggerakan dan pengawasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan peningkatan mutu di Universitas Muslimin Nusantara Al-Washliyah; (2) Pengorganisasian peningkatan mutu di Universitas Muslimin Nusantara Al-Washliyah; (3) Pelaksanaan peningkatan mutu di Universitas Muslimin Nusantara Al-Washliyah; dan (4) Pengawasan peningkatan mutu di Universitas Muslimin Nusantara Al- Washliyah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumen. Adapun tehnik analisis data penelitian ini menggunakan tehnik analisis data kualitatif

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 20 May 2021 04:26
Last Modified: 20 May 2021 04:26
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11569

Actions (login required)

View Item View Item