Penerapan Program Full Day School Dalam Membina Prestasi Belajar Siswa Di MAS Al-Ulum Medan

Nasution, Ahsanur Rifqi (2019) Penerapan Program Full Day School Dalam Membina Prestasi Belajar Siswa Di MAS Al-Ulum Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
BAB I-V Skripsi Ahsanur Rifqi- Repositori UINSU.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengungkapkan: (1) Penerapan program full day school di MAS Al-Ulum Medan, (2) Faktor pendukung dan penghambat penerapan program full day school di MAS Al-Ulum Medan, (3) Penerapan program full day school dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MAS Al-Ulum Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan Fenomenologis yang menjelaskan atau mengungkap sebuah konsep atau fenomena pengalaman yang terjadi pada beberapa situasi di MAS Al-Ulum Medan. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan model penelitian Miles and Huberman, dengan teknik pengumpulan data observasi, teknik wawancara dan studi dokumentasi. Untuk menganalisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan program full day school di MAS Al-Ulum dimulai dari pukul 07.05-15.30WIB. Dengan lamanya waktu belajar, maka pihak guru diharuskan untuk menerapkan strategi dan metode pembelajaran yang bervariasi serta setting pembelajaran di tempat-tempat yang berbeda seperti di halaman madrasah, masjid, dan lain-lain agar siswa tidak mudah bosan dan terciptalah suasana Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM). (2) Faktor pendukung penerapan programfull day schooldi MAS Al-Ulum Medanmeliputi kualitas guru yang baik, dukungan orang tua siswa dan kesadaran siswa dalam mengikuti program full day school yang sangat antusias. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi kejenuhan siswa saat pelajaran berlangsung karena memiliki waktu belajar yang lama, sarana prasarana yang kurang memadai, dan keterbatasan dana. (3) Penerapan program full day school dalam membina prestasi belajar di MAS Al-Ulum Medan telah berjalan dengan baik dan berperan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Dengan adanya program full day school, siswa dibina untuk mendapatkan materi tambahan dan pendalamannya melalui program bimbingan belajar, sehingga ketika siswa kesulitan dalam memahami pelajaran, guru akan memberikan bimbingan belajar secara langsung. Selanjutnya mengembangkan minat bakat siswanya melalui program ekstrakurikuler, dan mengaplikasikan nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sehari sehingga MAS Al-Ulum Medan berhasil mengantarkan siswanya ke gerbang prestasi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 12 Apr 2021 08:12
Last Modified: 12 Apr 2021 08:12
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11341

Actions (login required)

View Item View Item