Penerapan Komunikasi Interpersonal Guru Pendidikan Agama Islam Di SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan

Kahwash, Mourssi Abbas Mourssi Hassan (2017) Penerapan Komunikasi Interpersonal Guru Pendidikan Agama Islam Di SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
tesis Ustadz mursi2.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah; 1) Untuk mengetahui penyusunan rancangan pembelajaran PAI dengan menggunakan jenis komunikasi interpersonal skill di SMP Islam Al Ulum terpadu Medan; 2) untuk melihat bentuk penerapan komunikasi interpersonal skill di SMP Islam Al-Ulum terpadu Medan; 3) Untuk melihat Apa saja kendala yang dihadapi guru PAI dalam penerapan jenis komunikasi interpersonal skill di SMP Islam Al Ulum terpadu Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah dalam bentuk kualitatif, yaitu bentuk penelitian yang lebih mengedepankan analisis simbol, praktik, dan pengataman di peneliti selama di lapangan, dan kemudian dijabarkan secara verbal melalui pemaknaan peneliti. Dalam menggali data, ada tiga Instrumen yang peneliti gunakan untuk mencari data yang diperlukan, yaitu, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sementara itu, adapun metode analisis yang digunakan oleh penelitian mengacu kepada teori Milles and Hubberman, yaitu melalui tiga tahapan, pertama, pengumpulan data melalui instrumen yang telah disebutkan di atas; kedua, disederhanakan data temuan secara tematis sesuai permasalahan penelitian; ketiga, dianalisis dalam paparan secara naratif sesuati dengan data yang ditemukan yang kemudian diambil kesimpulan terhadap setiap kecenderungan data lapangan yang ditemukan. Temuan dalam penelitian ini adalah, 1) tahapan komunikasi interpersonal di SMP Al-Ulum Terpadu Medan dimulai dari tahapan prencanaan, bentuk prencanaan yang terlihat di antaranya ialah, mengedepankan pola pembelajaran kooperatif, merencanakan serangkaian kegitan „ekstrakurikuler‟ untuk guru lebih banyak menjalin komunikasi kepada siswa, dan berbagai bentuk penanganan konseling yang dipercayakan kepada Guru Agama Islam; 2) Bentuk penerapan komunikasi interpersonal guru PAI secara umum terlihat dalam bentuk interaktif, baik kepada guru maupun kepada siswa. Terhadap para pegawai/guru, terlihat secara nonformil guru PAI mempunyai jaringan yang cukup luas sehingga akrab dalam menjalin komunikasi terhadap guru lainnya, seperti dalam hal penanganan siswa dan penyelesaian tugas-tugas akademik dalam proses pembelajaran. Dan terhadap para siswa, para guru PAI SMP Al-Ulum Terpadu Medan mempunyai hubungan emosional yang cukup baik, seperti yang terlihat dalam setiap pembelajaran interaktif yang diterapkan di kelas, guru juga aktif memberikan pengarahan terhadap para siswa dalam kegitan ekstrakurikuler; 3) Kendalam yang sering dijumpai dalam menjalin komunikasi interpersonal ialah terletak pada pribadi ekternalnya, seperti para guru/pagawai yang lain tidak terbuka dalam memjalin komunikasi, terkelompok dalam beberapa komunitas, dan waktu yang tidak sesuai. Sementara kesulitan yang ditemukan saat menjalin komunikasi dengan para siswa, seperti, ketakutan siswa menjalin hubungan yang lebih dekat dengan guru karena dianggap suatu yang negatif oleh kawannya yang lain, lebih menutup diri, dan cenderung tidak perduli dengan situasi sosial di sekolah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 01 Apr 2021 07:02
Last Modified: 01 Apr 2021 07:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11295

Actions (login required)

View Item View Item