Peran Lembaga Amil Zakat (LAZ) Ulil Albab Dalam Pembinaan Tahfizh Alquran Bagi Mahasiswa UIN SU (Studi Kasus Untuk Mahasiswa UINSU)

Lubis, Shofiatul Husna (2020) Peran Lembaga Amil Zakat (LAZ) Ulil Albab Dalam Pembinaan Tahfizh Alquran Bagi Mahasiswa UIN SU (Studi Kasus Untuk Mahasiswa UINSU). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Shofiatul yang sudah REVISI-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian tentang peran lembaga amil zakat Ulil Albab dalam pembinaan tahfizh Alquran bagi mahasiswa UIN SU ini bertujuan mendeskripsikan peran lembaga amil zakat Ulil Albab dalam pembinaan tahfizh Alquran bagi mahasiswa UIN SU, mengetahui alasan mahasiswa UIN SU mengikuti pembinaan tahfizh Alquran yang dilaksanakan lembaga amil zakat Ulil Albab dan untuk mengetahui model pembinaan tahfizh Alquran yang dilaksanakan lembaga amil zakat Ulil Albab.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan memakai metode fenomenologis. Data penelitian ini adalah hasil wawancara dengan informan. Data bersumber dari mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Data penelitian ini diperoleh dengan cara melakukan wawancara mendalam. Data penelitian diperiksa keabsahannya dengan menggunakan teknik triangulasi sumber, metode dan teori. Temuan penelitian ini menunjukkan: (1) Motivasi mahasiwa UIN SU mengikuti pembinaan tahfizh Alquran, di antaranya; memperkuat hafalan, Menambah hafalan, memperbaiki pengucapan hafalan, memperlancar hafalan, dan menerima penghargaan. (2) Pembinaan tahfizh Alquran yang dilaksanakan oleh LAZ Ulil albab direncanakan untuk menjadikan mahasiswa yang berasal dari universitas program studi non keislaman mampu menghafal Alquran. Sesuai dengan slogannya yaitu menuju Ilmuan Indonesia Hafal Alquran. (3) perencanaan model pembinaan tahfizh Alquran di antarnya: Perencanaan, pengaturan, pembinaan, dan pemantauan

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.1 Ibadah > 2X4.14 Zakat
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 26 Mar 2021 08:51
Last Modified: 26 Mar 2021 08:51
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11202

Actions (login required)

View Item View Item