Penerapan Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Bunayya Padangsidimpuan

Siregar, Lina Mayasari (2013) Penerapan Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Bunayya Padangsidimpuan. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR BACAAN.pdf

Download (139kB) | Preview

Abstract

Pokok permasalahan penelitian ini adalah tentang bagaimana penerapan Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Aspek yang diteliti adalah langkah-langkah penerapan Kecerdasan Majemuk, mencakup rencana pembelajaran, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran, serta keunggulan dan kelemahan pembelajaran berbasis kecerdasan mejemuk dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDIT Bunayyya Padangsidimpuan. Berdasarkan masalah di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SDIT Bunayya Padangsidimpuan. Aspek yang diteliti adalah langkah-langkah penerapan Kecerdasan Majemuk, mencakup rencana pembelajaran, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran, serta keunggulan dan kelemahan pembelajaran berbasis kecerdasan mejemuk dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDIT Bunayyya Padangsidimpuan. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Bunayya Padangsidimpuan. Sumber datanya adalah para guru, siswa, kepala sekolah, yayasan dan orang tua siswa SDIT Bunayya Padangsidimpuan. metode yang digunakan adalah deskriptif lapangan melalui pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpulan data digunakan adalah wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik pengolahan data adalah Reduksi data, display data (penyajian data). Setelah itu penulis melakukan penarikan kesimpulan. Adapun Langkah-langkah Penerapan Kecerdasan Majemuk di SDIT Bunayya Padangsidimpuan bisa dilihat dari perencanaan pembelajaran Kecerdasan Majemuk di SDIT Bunayya Padangsidimpuan, bahwa: kurikulum yang dipakai di SDIT Bunayya adalah kurikulum dari Dinas Pendidikan yang dikembangkan menjadi TEMA dan dikembangkan menjadi Spider Web (jaring laba-laba), dan dari situlah dibuat SILABUS, seterusnya dikembangkan menjadi RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Spider Web ini mencakup kepada Spider Web mata pelajaran dan Spider Web Kecerdasan Majemuk. Pelaksanaan Pembelajaran Kecerdasan Majemuk di SDIT Padangsidimpuan adalah Menggunakan Kecerdasan Majemuk berarti siswa diberikan kesempatan menggunakan kecerdasan selain berbahasa dan matematika di kelas, dan guru mengajar sesuai dengan gaya siswa belajar. Evaluasi Pembelajaran Kecerdasan Majemuk di SDIT Padangsidimpuan, yaitu evaluasi dengan istilah Observasi. Juga menggunakan sistem penilaian yang adil, yaitu; 50 % penilaian diri sendiri, 30 % penilaian teman, dan 20 % penilaian guru. Sedangkan tingkat motivasi belajar siswa SDIT Bunayya Padangsidimpuan sangat tinggi dapat dilihat dari hasil angket yang peneliti sebarkan, dari 24 siswa yang dijadikan informan penelitian 13 orang yang motivasi belajarnya tinggi dengan persentase 54,16 %. Selebihnya mempunyai motivasi yang sedang. Adapun Keunggulan Penerapan Kecerdasan Majemuk di SDIT Padangsidimpuan, yaitu; Kurikulum Terpadu, pembelajaran Aktif dan Menyenangkan, program Tahfidz al-Qur’an, keadaan siswa yang beragam, SDIT Bunayya menghapus sistem Rangking, setiap kelas ada dua guru, yaitu guru kelas dan guru pendamping, tidak adanya sistem pemberian hadiah kepada seorang siswa, kelas yang aktif. Adapun Kelemahan Penerapan Kecerdasan Majemuk di SDIT Padangsidimpuan adalah; Orang tua kurang sabar dengan proses yang diadakan SDIT dalam pembelajaran, guru belum mampu memberikan semua bidang kecerdasan kepada siswa, termasuk mengajar dengan penerapan pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 22 Nov 2016 08:37
Last Modified: 22 Nov 2016 08:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1114

Actions (login required)

View Item View Item