Sanksi Hukum Pabrik Yang Melakukan Pencemaran Lingkungan Dikalangan Masyarakat Dalam Analisis Hukum Pidana Islam Dan Undang-Undang Lingkungan (Studi Kasus Pabrik Dikecamatan Besitang Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara)

Agustino, Agustino (2020) Sanksi Hukum Pabrik Yang Melakukan Pencemaran Lingkungan Dikalangan Masyarakat Dalam Analisis Hukum Pidana Islam Dan Undang-Undang Lingkungan (Studi Kasus Pabrik Dikecamatan Besitang Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi sah.pdf

Download (642kB) | Preview

Abstract

Pokok masalah penelitian ini adalah bagaimana sanksi hukum pabrik yang melakukan pencemaran lingkungan dikalangan masyarakat dalam analisis hukum pidan islam dan hukum lingkungan yang ada di kecamatan besitang dari pencemaran dan kerusakan lingkungan ? pokok masalah tersebut selanjutnya di breakdown kedalam beberapa sub masalah atau pertanyaan peneliti yaitu : 1) Bagaimana aturan hukum dan perundang-undangan tentang pencemaran lingkungan? 2) Bagaimana sanksi hukum pabrik yang melakukan pencemaran lingkungan dikalangan masyarakat dalam analisis hukum pidana islam? 3) Bagaimana sanksi hukum pabrik yang melakukan pencemaran lingkungan dikalangan masyarakat dalam analisis undang- undang hukum lingkungan hidup? Jenis penelitian ini tergolong kualitatif dengan pendekatan penelitian yang digunakan yuridis sosiologis, adapun sumber data penelitian dari warga yang bekerja diperusahaan, warga sekitar pabrik dan setiawan, bappeda langkat. Selanjutnya metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan penelusuran referensi. Lalu teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan cara editing, klarifikasi, verifikasi, analisis dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa banyaknya keluhan warga masyarakat baik pekerja ataupun tinggal disekitar kondisi lingkungannya yang telah tercemar oleh perusahaan, serta perubahaan terjadi pada lingkungan masyarakat sejak perusahaan itu ada. Dan perusahaan tidak pernah diberi sanksi oleh pemerintah karena kurang peranserta warga masyarakat dan pemerintah dalam melaporkan kasus pencemaran lingkungan disekitarnya. Implikasi dalam penelitian ini adalah : 1)Agar pemerintah, masyarakat,organisasi lingkungan bersikap aktif dalam mengawasi kemungkinan terjadi pencemaran udara agar lingkungan terhidar dari kerusakan, serta menindak tegas para pelaku pencemaran dengan memberikan sanksi yang tegas. 2)Agar pemerintah, masyarakat dan pelaksana usaha/kegiatan menaati dan menjalankan aturan yang telah ada untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan dan kesehatan udara untuk generasi yang akan datang.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.5 Hukum Pidana/Jinayat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Jinayah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Mar 2021 07:35
Last Modified: 19 Mar 2021 07:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11107

Actions (login required)

View Item View Item