Strategi Peningkatan Home Industri Konveksi Dalam Peningkatan Pendapatan Rumah Tangga Masyarakat Kota Binjai (Studi Kasus Abu Bakar Konveksi Mencirim Binjai Timur)

Rangkuti, Mupidah Handayani (2020) Strategi Peningkatan Home Industri Konveksi Dalam Peningkatan Pendapatan Rumah Tangga Masyarakat Kota Binjai (Studi Kasus Abu Bakar Konveksi Mencirim Binjai Timur). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
A SKRIPSI CETAK MUPIDAH EKI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana potensi dari home industri konveksi dalam peningkatan pendapatan rumah tangga masyarakat, mengetahui bagaimana peran home industri konveksi dalam memberdayakan rumah tangga masyarakat di Kota Binjai dan untuk mengetahui analisis SWOT strategi yang digunakan untuk peningkatan pendapatan rumah tangga masyarakat di Kota Binjai. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif penulis juga menggunakan Analisis SWOT.Abu Bakar Konveksi memiliki potensi usaha yang baik untuk terus dikembangkan hal tersebut dapat terlihat dari tingkat pendapatan ataupun omset usaha yang besar dan terus meningkat dengan diikuti jumlah tenaga kerja yang tidak sedikit. Kehadiran Abu Bakar Konveksi juga merupakan salah satu langkah yang efektif untuk memberdayakan ibu rumah tangga yang memiliki kecenderungan dirumah tanpa penghasilan dengan adanya konveksi ini para ibu rumah tangga tersebut dapat melatih skill menjahit mereka dan mampu memiliki penghasilan tambahan. Berdasarkan perhitungan analisis SWOT pada penelitian ini total IFAS adalah 3.000150 dan total EFAS adalah 3.256876 strategi peningkatan usaha home industri Konveksi Abu Bakar berada pada sel I Growth konsentrasi melalui integrasi vertical yaitu strategi dengan cara Backward integration (Mengambil alih fungsi supplier) atau dengan cara Forward integration (mengambil alih fungsi distributor). Hal ini merupakan strategi utama untuk perusahaan atau usaha yang memiliki posisi kompetitif pasar yang kuat (high market share) dalam industry yang berdaya tarik tinggi.Agar dapat meningkatkan kekuatan bisnisnya atau posisi kompetitifnya, Abu Bakar Konveksi harus melakukan upaya meminimalkan biaya dan operasi yang tidak efisien untuk mengontrol kualitas serta distribusi produk. Hal ini merupakan cara terbaik bagi perusahaan yang kuat dalam rangka meningkatkan competitive advantage di dalam industry yang atraktif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 14 Feb 2021 12:55
Last Modified: 14 Feb 2021 12:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10821

Actions (login required)

View Item View Item