Kombinasi Metode Affine Cipher Dan ExclusiveOR (XOR) Dalam Pengamanan Pesan

Suhardi, Suhardi (2021) Kombinasi Metode Affine Cipher Dan ExclusiveOR (XOR) Dalam Pengamanan Pesan. Fakultas Sains Dan Teknologi UINSU Medan.

[img]
Preview
Text
Suhardi_LAPORAN PENELITIAN [BENTUK BUKU] - KOMBINASI METODE AFFINE CIPHER DAN EXCLUSIVE-OR (XOR) DALAM PENGAMANAN PESAN.pdf

Download (615kB) | Preview

Abstract

Komputer sebagai sarana penyimpanan dan pengiriman data, informasi, dan dokumen yang penting dan rahasia sering dapat dengan mudah diakses oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Beberapa kasus menyangkut keamanan komputer saat ini menjadi suatu pekerjaan yang membutuhkan biaya penanganan dan pengamanan yang sedemikian besar. Penelitian ini bertujuan membangun prototipe keamanan data (kriptografi) yang lebih baik untuk pesan teks dengan melakukan kombinasi dua metode kriptografi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Affine Cipher dan metode Exclusive-OR (XOR). Model analisa kebutuhan kriptografi pesan ini menggunakan State Transition Diagram (STD), perancangan proses menggunakan flowchart program dan algoritma serta diimplementasikan dengan Javascript. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa cipher teks hasil enkripsi dari metode Affine Cipher kemudian dienkripsikan kembali menggunakan Exclusive-OR (XOR) dan apabila ingin melakukan proses dekripsi pesan maka cipher teks terlebih dahulu dengan metode XOR kemudian didekripsi kembali menggunakan Affine Cipher. Dapat disimpulkan bahwa kombinasi dua metode kriptografi tersebut berjalan dengan baik dan tanpa mengalami kendala apapun baik dalam proses enkripsi maupun dekripsi.

Jenis Item: Lainnya
Subjects: 000 Generalities > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Laporan Penelitian (Research Report)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 04 Feb 2021 14:39
Last Modified: 04 Feb 2021 14:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10731

Actions (login required)

View Item View Item