Pemanfaatan Koleksi BI Corner sebagai sumber informasi bagi pemustaka di perpustakaan Universitas Pembangunan Panca Budi

Khairidah, Nanda (2019) Pemanfaatan Koleksi BI Corner sebagai sumber informasi bagi pemustaka di perpustakaan Universitas Pembangunan Panca Budi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi nanda khairidah lengkap.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui sejauh mana pemanfaatan koleksi BI Corner sebagai sumber informasi bagi pemustaka serta mengetahui apa saja kendala yang dihadapi pemustaka dalam memanfaatkan koleksi BI Corner sebagai sumber informasi di Perpustakaan Universitas Pembangunan Pancabudi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan dengan cara menggambarkan informasi yang didapat dari lapangan seperti apa adanya kemudian dituangkan ke dalam analisis data penelitian. Informasi yang didapat oleh peneliti dalam penelitian ini melalui proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Ada tiga orang informan dalam penelitian ini yang telah memenuhi kriteria subjek penelitian. Mereka adalah mahasiswa fakultas ekonomi dan pemustaka yang sering memanfaatkan BI Corner minimal satu kali dalam seminggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan koleksi BI Corner dilakukan karena adanya kebutuhan informasi pemustaka untuk mengerjakan tugas kuliah dan menambah wawasan pemustaka mengenai ilmu ekonomi. Pemustaka memanfaatkan koleksi BI Corner dikarenakan layanan yang diberikan oleh pustakawan cukup maksimal sehingga pemustaka merasa nyaman berada di dalam lingkungan Perpustakaan khususnya BI Corner. Fasilitas yang ada di BI Corner juga membuat rasa nyaman itu muncul untuk terus memanfaatkan BI Corner. Namun, dalam pemanfaatan tersebut tentu ada kendala yang dihadapi pemustaka yaitu mengenai kelengkapan koleksi. Koleksi yang disediakan oleh BI Corner tidak up to date sehingga pemustaka sulit untuk menemukan informasi yang dicari tersebut ada di BI Corner. Hal ini menyebabkan koleksi BI Corner kurang maksimal dimanfaatkan oleh pemustaka sebagai sumber informasi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Koleksi , Koleksi BI Corner
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences > 025 Library operations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Perpustakaan > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 26 Jan 2021 05:49
Last Modified: 26 Jan 2021 05:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10610

Actions (login required)

View Item View Item