Analisisi Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) Untuk Pemerataan Dan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Miskin Di Kecamatan Silih Nara Kabupaten Aceh Tengah

Sari, Nurul Indah (2020) Analisisi Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) Untuk Pemerataan Dan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Miskin Di Kecamatan Silih Nara Kabupaten Aceh Tengah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Nurul Indah Sari.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian bantuan bersyarat kepada keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) dan rentan yang terdaftar dalam data terpadu program penanganan fakir miskin diolah oleh Pusat Data dan informasi Kesejahteraan Sosial yang ditetapkan sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH. Kemiskinan yang masih fluktuaktif dalam hal ini bahwa PKH mampu mengangkat penerima manfaat keluar dari kemiskinan dan meningkatkan konsumsi keluarga. Namun kenyataan yang terjadi masih banyak masyarakat miskin di Kecamatan Silih Nara, sebab adanya ketidaktepatan penyaluran, waktu, dan jumlah bantuan yang disalurkan bagi masyarakat miskin. Adapun rumusan masalah : Bagaimana implementasi Program Keluarga Harapan di Kecamatan Silih Nara, bagaimana dampak dengan adanya PKH di Kecamatan Silih Nara, apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi PKH, dan bagaimana keefektifan PKH di Kecamatan Silih Nara. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas dalan penyaluran Program Keluarga Harapan dan untuk mengetahui dampak serta hambatan dalam pelaksanaan penyaluran Program Keluarga Harapan sebagai upaya kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara, dengan informan sebanyak 50 orang peserta PKH. Untuk menganalisa data penulis menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan dari rata-rata yang dikumpulkan oleh peneliti. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) untuk Pemerataan dan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Miskin di Kecamatan Silih Nara kurang terlaksana secara efektif. Belum efektifnya program ini karena masih ditemukan kurang tepat sasaran dalam penetapan peserta PKH, serta tidak tepat waktu dan tepat jumlah. Kemudian ada beberapa hambatan yang dirasakan oleh pendamping PKH dan peserta PKH antara lain: belum adanya kesadaran dari peserta, kurangnya sosialisasi dari pendamping, dan pencairan bantuan PKH yang sering tidak tepat waktu.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 335 Socialism and related systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 05 Jan 2021 15:32
Last Modified: 05 Jan 2021 15:32
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10328

Actions (login required)

View Item View Item