Analisis Pengembangan Strategi Produk Asuransi Mitra Mabrur Plus Pada PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Medan

Rahmadani, Tri Suci (2020) Analisis Pengembangan Strategi Produk Asuransi Mitra Mabrur Plus Pada PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TRI SUCI RAHMADANI (0505163064)-dikonversi-dikompresi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Strategi ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis bagaimana pencapaian dan rencana strategi pengembangan produk asuransi mitra mabrur plus di PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Medan dalam meningkatkan volume penjualan. Penelitian ini dianalisis mengunakan metode deskriptif kualitatif selain itu juga mengunakan metode analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat), serta menganalisis strategi bauran pemasaran (Product, Price, Place, Promotion) yang telah digunakan perusahaan. Analisis Swot adalah analisis yang digunakan untuk mengevaluasi peluang dan ancaman di lingkungan eksternal maupun kekuatan dan kelemahan yang dimiliki lingkungan internal perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukan nilai skor IFAS 2,69 menunjukan posisi internal yang kuat, nilai skor EFAS 2,7 menunjukan bahwa perusahaan merespon peluang yang ada dan menghindari ancaman-ancaman dipasar industrinya. Pada Diagram Cartesius menunjukan posisi perusahaan dalam keadaan agresif yaitu sangat menguntungkan bagi perusahaan. Pada matriks IE menurut hasil IFAS dan EFAS didapatkan nilai IFAS sebesar 2,69 dan skor untuk hasil EFAS sebesar 2,7 apabila dikonversikan kedalam gambar Tabel IE Matriks, maka terletak kedalam kotak 5, dimana hasilnya perusahaan masuk kedalam dimana hasilnya Strategi konsentrasi melalui integrasi horizontal (sel 2 dan 5 ). Adapun strategi pemasaran yang digunakan perusahaan untuk meningkatkan penjualan adalah membantu menyisihkan dana tabungan haji dengan memanfaatkan market yang sudah tersedia disetiap wilayah, memberikan manfaat perlindungan kepada nasabah/peserta asuransi dengan cara meningkatkan kesadaran akan pentingnya berasuransi. Asuransi mitra mabrur plus salah satu produk unggulan yang tersedia di perusahaan dengan memanfaatkan populasi yang tinggi saat ini. Menyediakan dana bagi hasil investasi dana pemegang polis dengan komposisi 70% untuk pemegang polis dan 30 % perusahaan dengan harga yang bersaing serta jaminan produk tersebut. Harga yang sesuai kebutuhan dengan minimal harga serta memanfaatkan pangsa pasar yang berpotensial. Pengaturan organisasi dan manajeman yang baik dengan diikut sertakan produk yang berbasis syariah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 368 Insurance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 04 Jan 2021 04:00
Last Modified: 04 Jan 2021 04:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10312

Actions (login required)

View Item View Item