Persepsi Guru Mata Pelajaran Tentang Pelaksanaan Layanan Bimbingan Dan Konseling

Amini, Aisyah (2020) Persepsi Guru Mata Pelajaran Tentang Pelaksanaan Layanan Bimbingan Dan Konseling. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Aisyah Amini-FITK-BKI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari bahwa perlunya pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling yang baik dengan adanya kerjasama yang baik dengan berbagai pihak (Stakeholder) salah satunya adalah dengan Guru matapelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi guru mata pelajaran tentang pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di MAN 1 Medan. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Sumber penelitian adalah guru mata pelajaran yang ada di MAN 1 Medan berjumlah 10 orang. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi guru mata pelajaran tentang pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di MAN 1 Medan adalah baik dan positif. Hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi oleh beberapa guru mata pelajaran yang menyatakan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling sudah cukup baik di sekolah dalam mengatasi permasalahan siswa-siswi di sekolah. Guru bimbingan dan konseling juga mengadakan kerjasama yang baik dengan guru-guru, wali kelas dan kepala sekolah dalam mengatasi memperhatikan perkembangan peserta didik di sekolah. Guru bimbingan dan konseling juga mampu menjalin hubungan dan komunikasi yang baik dengan siswa-siswi di sekolah agar tidak memiliki persepsi yang tidak baik tentang bimbingan dan konseling. Adapun faktor yang mempengaruhi persepsi guru bidang studi terhadap layanan BK adalah adanya adanya pengetahuan dan pemahaman yang baik tentang layanan BK, sarana dan prasarana yang khusus untuk pelayanan BK, dan hubungan/komunikasi yang baik antara guru BK dan guru Bidang Studi Dengan demikian persepsi guru mata pelajaran terhadap pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di MAN 1 Medan baik dan positif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 03 Jan 2021 03:27
Last Modified: 03 Jan 2021 03:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10305

Actions (login required)

View Item View Item