Perbandingan Peningkatan Hasil Belajar IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Script Dan Make A Match Di MTs Negeri 4 Langkat Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat

Ulandari, Tengku Sri (2020) Perbandingan Peningkatan Hasil Belajar IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Script Dan Make A Match Di MTs Negeri 4 Langkat Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TENGKU SRI ULANDARI (NIM, 0310162049).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan akhir dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbandingan peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script dan make a match pada materi sistem pernapasan manusia di kelas VIII MTs Negeri 4 Langkat Kecamatan Bohorok Kabupaten Langkat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Sampel pada penelitian ini adalah adalah kelas VIII-6 yang terdiri dari 25 siswa dan VIII-7 yang terdiri dari 25 siswa juga. Kelas VIII-6 yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script dan kelas VIII-7 yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 4 cara yaitu; (1) tes (2) pengamatan (3) wawancara (4) dokumentasi. Dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran koperatif tipe make a match lebih tinggi peningkatan ketuntasan belajar klasikalnya yaitu pada tahap pratindakan : 16%, siklus I : 32% dan siklus II : 92% apabila dibandingkan dengan peningkatan ketuntasan belajar klasikal pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script dengan jumlah pada tahap pratindakan : 12%, siklus I : 28% dan siklus II : 92%. Menurut peneliti hal ini terjadi karena model pembelajaran kooperatif tipe make a match merupakan model pembelajaran yang menyenangkan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 07 Dec 2020 06:57
Last Modified: 07 Dec 2020 06:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10081

Actions (login required)

View Item View Item