Hubungan Persepsi Siswa Tentang Pedagogi Guru Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa SMP Negeri 12 Medan

Juanda, Juanda (2020) Hubungan Persepsi Siswa Tentang Pedagogi Guru Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa SMP Negeri 12 Medan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG PEDAGOGI GURU DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA SMP NEGERI 12 MEDAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah ada hubungan antara persepsi siswa tentang pedagogi guru dengan hasil belajar pendidikan agama Islam pada siswa SMP Negeri 12 Medan? (2) Apakah ada hubungan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa pendidikan agama Islam pada siswa SMP Negeri 12 Medan? (3) Apakah ada hubungan secara bersama-sama antara persepsi siswa tentang pedagogi guru dan motivasi belajar dengan hasil belajar pendidikan agama Islam pada siswa SMP Negeri 12 Medan?. Sampel dari penelitian ini adalah 15% dari 230 jumlah populasi yang ada di seluruh kelas VIII yang beragama islam, sampel yang akan mewakili sebanyak 34 siswa semester genap SMP Negeri 12 Medan tahun 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif korelasional, dengan analisi korelasi deskriptif. Alat pengumpulan data menggunakan kusioner berbentuk skala likert. Angket disusun berdasarkan indikator dari setiap variabel dan diperiksakan ke pembimbing tesis, selanjutnya dilakukan uji instrument kepada responden dan bukan sampel penelitian. Setelah diuji, instrument item diketahui varabel X1 terdiri dari 35 item, terdapat 34 item yang valid dan variabel X2 terdiri dari 35 item, terdapat 34 item yang valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi Siswa Tentang pedagogi guru dan Motivasi Belajar mempunyai hubungan dengan hasil belajar pendidikan agama islam pada siwa SMP Negeri 12 Medan. Pada uji hipotesis penelitian, diperoleh korelasi (1) X1 dengan Y = r hitung lebih besar dari nilai r tabel (0,461 > 0,339) dan nilai siqnifikasi lebih kecil dari 0,05 (0,006 < 0,05). (2) korelasi X2 dengan Y = r hitung lebih besar dari nilai r tabel (0,409 > 0,339) dan nilai siqnifikasi lebih kecil dari 0,05 (0,016 < 0,05). (3) Korelasi X1 dan X2 secara bersama-sama dengan Y sebesar = F hitung lebih besar dari F tabel (5,089 > 3,30) dan nilai siqnifikasi lebih kecil dari 0,005 (0,012 < 0,05)

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 02 Dec 2020 04:34
Last Modified: 02 Dec 2020 04:34
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10049

Actions (login required)

View Item View Item