Hasibuan, Santi Rahmadani (2019) Manajemen pendidikan karakter siswa Madrasah Aliyah Pesantren Al-Imron Martujuan Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Padang Lawas Utara. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
TESIS.MANAJEMEN PEND KARAKTER SISWA MADRASAH ALIYAH PONPES AL-IMRON MARTUJUAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) fenomena karakter yang terjadi pada siswa di Madrasah Aliyah Pesantren Al-Imron Ujungbatu Kabupaten Padanglawas Utara, (2) perencanaan pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Pesantren Al-Imron Ujungbatu Kabupaten Padanglawas Utara, (3) pelaksanaan pendidikan karakteri di Madrasah Aliyah Pesantren Al-Imron Ujungbatu Kabupaten Padanglawas Utara, dan (4) evaluasi pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Pesantren Al-Imron Ujungbatu Kabupaten Padanglawas Utara, Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan secara alamiah dengan memanfaatkan peneliti sebagai instrument penelitian. Subjek penelitian ini adalah guru, kepala madrasah dan siswa. Data diambil melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data dinanalisis berdasarkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitin ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) fenomena karakter yang ditampilkan siswa adalah kepedulian, kesantunan, menghargai keberagaman, dan kepatuhan terhadap aturan sosial yang berlaku di madrasah, (2) perencanaan pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Pesantren Al-Imron Ujungbatu Kabupaten Padanglawas Utara, adalah dengan menyususn RPP pada awal semester dengan mempertimbangkan standar kompetensi, kompetensi inti, visi misi dan tujuan madrasah serta kebutuhan siswa dan aktivitas yang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa. Guru menyusun RPP pada awal semester dan dilaporkan pada rapat guru untuk mendapatkan masukan dari teman sejawat dan kepala madrasah, (3) pelaksanaan pendidikan karakter dalam penanaman nilai-nilai karakter dilakukan dengan metode pembelajaran keteladanan, bermain peran, pemberian contoh, ceramah, diskusi, dan observasi. Metode pembelajaran yang digunakan menarik untuk diikuti siswa, dan siswa dapat secara antusias dalam mengikuti proses pembelajaran yang dilakukan, dan (4) evaluasi pendidikan karakter dilaksanakan dengan ulangan harian, pemberian PR, UTS, dan UAS. Dalam pelaksanaannya, siswa memperoleh nilai yang tinggi di atas nilai kriteria ketuntasan minimal yaitu 85.
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen pendidikan, karakter |
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Manajemen Pendidikan Islam > Thesis |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 01 Dec 2020 07:32 |
Last Modified: | 01 Dec 2020 07:32 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10035 |
Actions (login required)
View Item |