Penerapan Total Quality Services (TQS) Pada Lembaga Kursus Dan Pelatihan Utama Jaya Kabupaten Deli Serdang

Ningrum, Ummi Prastya (2020) Penerapan Total Quality Services (TQS) Pada Lembaga Kursus Dan Pelatihan Utama Jaya Kabupaten Deli Serdang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS UMI PRASTYA NINGRUM S2 MPI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dengan seiring berkembangnya lembaga kursus dan pelatihan, maka tingkat persaingan bisnis pendidikan nonformal semakin ketat. Para Pelanggan LKP terkhusus peserta didik LKP bersaing memilih LKP yang memiliki pelayanan yang memuaskan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan serta harapan dari pelanggan. Total Quality Services (TQS) adalah sistem manajemen strategik dan integratif yang melibatkan semua manajer dan karyawan, serta menggunakan metode-metode kuantitatif dan kualitatif untuk memperbaiki secara utuh harapan pelanggan. (Fandy Tjiptono ,2004). Penelitian dilakukan di LKP.Utama Jaya Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. Fokus penelitian ini adalah Implementasi Penerapan Total Quality Services dari mulai proses perencanaan, pengawasan, dan mengukur ketercapaian yang mengacu pada standart penjaminan mutu atau Akreditasi BANPAUDPNF. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif yaitu dengan pendekatan fenomenologi. Key informan penelitian ini adalah Pengelola aktif, instruktur atau pendidikdan peserta didik, sedangkan untuk pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan dari hasil analisa yang didapat, dicrosscek dengan metode Triangulasi dan dicrosscek dengan seorang penguji kompetensi pengelola dan pendidik kursus dan pelatihan pendidikan non formal yang sudah tersertifikasi atau LSK-PLKP, yaitu Drs. Abdul Zebar,M.Hum. Dengan demikian akan terlihat sejauhmana kesinkronan yang ada, guna menggambil simpulan dan putusan dalam penelitian nantinya. Tujuan dari pada penelitian ini adalah Mengetahui implementasi dari proses tahapan perencanaan, pengelolaan Total, pengawasan dan pengukuran implementasi ketercapaian TQS yang berpedoman pada standard instrumen penjaminan mutu LKP Sedangkan manfaat penelitian ini adalah menambah khazanah ilmu pengetahuan tentang penerapan Total Quality Services pada LKP untuk dapat dijadikan bahan lebih lanjut pengembangan penelitian TQS kedepannya dalam meningkatkan mutu LKP. Bagi LKP, Kegunaan Penelitian ini adalah untuk bahan masukan dan evaluasi adanya proses TQS yang optimal, dan juga sebagai gambaran Penerapan TQS, yang bisa menjadi acuan standar ketercapaian penjaminan mutu dengan predikat B, yang kedepannya bisa menjadi motivasi lembaga lain agar senantiasa melayani dengan pelayanan prima dengan acuan lima fokus TQS dalam dimensi layanan prima. Dari hasil peneletian yang diperoleh bahwa Implementasi Penerapan Total Quality Services LKP.Utama Jaya, sudah dilakukan dengan baik, sesuai dengan pedoman atau acuan instrument penjaminan mutu LKP, sesuai dengan standart mutu Akreditasi BANPAUDPNF dengan Grade/ Peringkat Capaian Nilai B (Baik). Rekomendasi yang disarankan guna peningkatan TQS di LKP.Utama Jaya terutama untuk meningkatkan pelayanan fasilitas sarana prasarana penunjang yaitu perlu penambahan ruang toilet yang memadahi, dan pembagunan ruang parkir serta penambahan instruktur dalam mengajar di kelas, mengingat kenaikan jumlah peserta didik atau siswa di tiap tahunnya meningkat dua kali lipat dari tahun sebelumnya. Dengan adanya implementasi TQS yang optimal diharapkan dapat memuaskan pelanggan dan menaikkan jumlah peserta didik yang nantinya juga akan menaikkan kesejahteraan lembaga, Pendidik dan Tenaga kependidikannya.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 379 Government regulation, control, support
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 30 Nov 2020 15:01
Last Modified: 30 Nov 2020 15:01
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10018

Actions (login required)

View Item View Item