Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Yang Diajarkan Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dan Reciprocal Teaching Pada Materi Barisan Kelas XI SMA Negeri 1 Sei Kepayang Tahun Pelajaran 2019-2020

Hunaidia, Niza (2020) Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Yang Diajarkan Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dan Reciprocal Teaching Pada Materi Barisan Kelas XI SMA Negeri 1 Sei Kepayang Tahun Pelajaran 2019-2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NIZA HUNAIDIA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran reciprocal teaching di kelas XI SMA Negeri 1 Sei Kepayang Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 112 siswa dan sampelnya 57 siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukkan: 1). Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa yang diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share tidak lebih baik dari pada siswa yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching pada materi Barisan; 2). Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share tidak lebih baik dari pada siswa yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching pada materi Barisan; 3). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share tidak lebih baik dari pada siswa yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching pada materi Barisan; 4). Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran yang digunakan terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Simpulan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep matematika siswa lebih sesuai diajarkan dengan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dari pada Model Pembelajaran Think Pair Share.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 23 Nov 2020 14:57
Last Modified: 23 Nov 2020 14:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9976

Actions (login required)

View Item View Item