Khusairi, Fahri (2019) Pengaruh Strategi Pembelajaran Learning Starts With A Question Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Ranah Kognitif Siswa Kelas IV MIN 2 Deli Serdang T.A 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
FAHRI KHUSAIRI.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan hasil strategi pembelajaran Learning Starts With A Question terhadap peningkatan hasil belajar PKn ranah kognitif di kelas IV MIN 2 Deli Serdang. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment yang dilakukan di kelas IV MIN 2 Deli Serdang. Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang, dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebnayak 23 orang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Learning Starts With A Question dan siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas IV MIN 2 Deli Serdang, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan Strategi Pembelajaran Learning Starts With A Question terhadap peningkatan hasil belajar PKn ranah kognitif siswa. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar siswa dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Learning Starts With A Question adalah 58,70. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional adalah 42,61. Berdasarkan hasil uji t dimana diperoleh 2,6211 > 2,015.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 23 Nov 2020 14:50 |
Last Modified: | 23 Nov 2020 14:50 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9975 |
Actions (login required)
View Item |