Pengaruh Model CORE (Connecting Organizing Reflecting Extending) Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Kelas V Di SD Negeri 106803 Desa Pematang Johar Kecamatan Labuhan Deli T.A. 2018/2019

Rosyidah, Rosyidah (2019) Pengaruh Model CORE (Connecting Organizing Reflecting Extending) Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Kelas V Di SD Negeri 106803 Desa Pematang Johar Kecamatan Labuhan Deli T.A. 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ROSYIDAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tanpa menggunakan model Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE) di SD SD Negeri 106803. 2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE) di SD Negeri 106803 3) pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE) pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV di SD Negeri 106803 kecamatan Labuhan Deli. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 106803 Kecamatan Labuhan Deli . Sampel dalam penelitian berjumlah 52 siswa. Pengumpulan data ini menggunakan hasil pretest-posttest. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (Independen sampel T-Test) Temuan penelitian ini sebagai berikut: 1) hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 106803 yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE) pada kelas kontrol yang berjumlah 28 siswa dengan nilai rararata pretest 64,82 dan nilai posttest 75,22. 2) hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 106803 yang diajarkan dengan model pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE) pada kelas eksperimen yang berjumlah 24 siswa dengan nilai rata-rata pretest 64,70 dan postest 84,58. 3) Pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Organizing Reflecting Extending (CORE) terhadap hasil belajar siswa kelas V IPS di SD Negeri 106803 dapat dibuktikan berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan uji t diperoleh nilai signifikansi 0,000≤0,05 dengan jumlah ttabel >thitung (10,669>1,671) dimana Ha diterima dan Ho ditolak, Sehingga penggunaan model pembelajaran CORE (Connecting Organizing Reflecting Extending) memiliki pengaruh yang positif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 18 Nov 2020 04:55
Last Modified: 18 Nov 2020 04:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9944

Actions (login required)

View Item View Item