Desy, Dini Pratiwi (2019) Perbedaan Kemampuan Pemahaman KonsepdanPemecahan Masalah Matematis Siswa yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan Contextual Teaching and Learning (CTL) Materi Trigonometri Kelas X MAN 2 Model Medan T.P. 2018-2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI DINI PRATIWI DESY.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitianini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diberi model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan siswa yang diberi model pembelajaran CTL; 2) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan siswa yang diberi model pembelajaran CTL; 3) Perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan siswa yang diberi model pembelajaran CTL; 4) Interaksi antara model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan CTL terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X MAN 2 Model T.P. 2018-2019. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA-2 sebagai kelas yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan kelas X IPA1 sebagai kelas yang diajar dengan model pembelajaran CTL. Data diperoleh dari post-test dengan 5 butir soal tes kemampuan pemahaman konsep dan 5 butir soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Data dianalisis secara deskriptif dan menggunakan uji teknik Two Way ANAVA dan dianjutkan dengan uji Tuckey. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, diperoleh: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diberi model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan siswa yang diberi model pembelajaran CTL; 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan siswa yang diberi model pembelajaran CTL; 3) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan siswa yang diberi model pembelajaran CTL; 4) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan CTL terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis siswa.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD), Contextual Teaching and Learning (CTL), Pemahaman Konsep Matematis, Pemecahan Masalah Matematis. |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 17 Nov 2020 04:58 |
Last Modified: | 17 Nov 2020 04:58 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9917 |
Actions (login required)
View Item |