Pengaruh metode Eksperimen terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA dikelas IV SD IT Luqmanul Hakim Sei Mencirim

Ramadani, Sugiyati (2020) Pengaruh metode Eksperimen terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA dikelas IV SD IT Luqmanul Hakim Sei Mencirim. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Sugiyati Ramadani.Ready.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Hasil belajar IPA siswa kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional di SD IT Luqmanul Hakim Sei Mencirim (2) Hasil belajar IPA siswa kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran Eksperimen di SD IT Luqmanul Hakim Sei Mencirim (3) Pengaruh penggunaan model pembelajaran Eksperimen terhadap hasil belajar ipa siswa kelasIV SD IT Luqmanul Hakim Sei Mencirim. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, serta teknik analisis data dengan menggunakan analisis inferensial (uji normalitas, uji Homogenitas, dan uji effect size). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 42 siswa. Dimana terdapat dua kelas, yaitu kelas IV-A (kelas eksperimen) yang berjumlah 21 siswa dan kelas IV-B (kelas kontrol) yang berjumlah 21 siswa. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan (1) Hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional memperoleh rata- rata 59,53.. (2) Hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran Eksperimen memperoleh rata-rata 62,47. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Eksperimen terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD IT Luqmanul Hakim Sei Mencirim. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Mann- Whitney yang diperoleh Zhitung sebesarsebesar -5.233 dengan nilai Sig. 000. Nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari α = 0,05 sehingga Ha diterima. Simpulan dalam penelitian menjelaskan bahwa hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Eksperimen lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional di kelas IV SD IT Luqmanul Hakim Sei Mencirim.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Eksperimen, Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 17 Nov 2020 03:58
Last Modified: 17 Nov 2020 03:58
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9914

Actions (login required)

View Item View Item