Sari, Merisa Ammelia (2019) Perbedaan Kemampuan Penalaran dan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Yang Diajarkan Dengan Menggunakan Pembelajaran Jigsaw dan Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Di Kelas X SMA PAB 6 Helvetia TP. 2019-2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI (35153122) MERISA AMMELIA SARI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran dan kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran Jigsaw dan pembelajaran Student Facilitator And Explaining di kelas X SMA PAB 6 Helvetia TP. 2019-2020. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasilnya adalah seluruh siswa kelas X SMA PAB 6 Helvetia TP. 2019-2020. Sample dalam penelitian ini adalah kelas X MIA-1 dan kelas X MIA-2. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan analisis varian (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Kemampuan penalaran dan kemampuan representasi matematis siswa yang diajarakn dengan pembelajaran Jigsaw lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran Student Facilitator And Explaining, 2) Kemampuan penalaran matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran Jigsaw tidak lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran Student Facilitator And Explaining, 3) Kemampuan representasi matematis siswa yang diajarakan dengan pembelajaran Jigsaw lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran Student Facilitator And Explaining, 4) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran yang digunakan terhadap kemampuan penalaran dan kemampuan representasi matematis siswa. Kesimpulan penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan penalaran dan kemampuan representasi matematis siswa yang diajarakan dengan pembelajaran Jigsaw lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran Student Facilitator And Explaining di kelas X SMA PAB 6 Helvetia TP. 2019-2020
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 16 Nov 2020 06:16 |
Last Modified: | 16 Nov 2020 06:16 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9910 |
Actions (login required)
View Item |