Purba, Bayu Pradika (2020) Pengaruh Strategi Peer Lessons Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Toleransi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
BAYU PRADIKA PURBA (0306161031).pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: Mengetahui hasil belajar siswa pada materi toleransi dengan menggunakan strategi Peer Lessons. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan Kuantitatif dengan tipe Quasy Experiment. Penelitian ini dilakukan di MIS Darul Islam Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MIS Darul Islam Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang yang berjumlah 35 siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen (IV-A) yang berjumlah 20 siswa dan kelas kontrol (IV-B) yang berjumlah 15 siswa. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi toleransi dalam penelitian ini adalah tes berupa pilihan berganda yang berjumlah 18 butir soal. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. Berdasarkan hasil uji t dimana diperoleh nilai thitung > ttabel = 7,374 > 1,692 dengan taraf signifikan yang digunakan adalah 5% = 0,05. Menyatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa: “Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan strategi Peer Lessons terhadap hasil belajar siswa pada materi toleransi
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 15 Nov 2020 16:56 |
Last Modified: | 15 Nov 2020 16:56 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9905 |
Actions (login required)
View Item |