Pengaruh Strategi Peer Lessons Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Toleransi

Purba, Bayu Pradika (2020) Pengaruh Strategi Peer Lessons Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Toleransi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
BAYU PRADIKA PURBA (0306161031).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: Mengetahui hasil belajar siswa pada materi toleransi dengan menggunakan strategi Peer Lessons. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan Kuantitatif dengan tipe Quasy Experiment. Penelitian ini dilakukan di MIS Darul Islam Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MIS Darul Islam Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang yang berjumlah 35 siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen (IV-A) yang berjumlah 20 siswa dan kelas kontrol (IV-B) yang berjumlah 15 siswa. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi toleransi dalam penelitian ini adalah tes berupa pilihan berganda yang berjumlah 18 butir soal. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. Berdasarkan hasil uji t dimana diperoleh nilai thitung > ttabel = 7,374 > 1,692 dengan taraf signifikan yang digunakan adalah 5% = 0,05. Menyatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa: “Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan strategi Peer Lessons terhadap hasil belajar siswa pada materi toleransi

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 15 Nov 2020 16:56
Last Modified: 15 Nov 2020 16:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9905

Actions (login required)

View Item View Item