Raudatussaadah, Raudatussaadah (2013) Pelaksanaan Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 4 Takengon. Masters thesis, Pascasarjana UIN-SU.
|
Text
Cover.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (530kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (580kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (562kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (562kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 4 Takengon. Kata kunci : Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hal ini didasarkan pada maksud untuk mendeskripsikan realita sosial dan konkrit, sehingga sesuai dengan penelitian serta pelaksanaannya melibatkan pimpinan dan seluruh tenaga kependidikan yang ada. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (participant observation), wawancara dan analisis dokumen (document study). Adapun hasil temuan penelitian ini mengenai manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 4 Takengon adalah sebagai berikut : (1) Perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam guru membuat perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan program tahunan, program semester, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, kriteria kelulusan minimal, dan rincian minggu efektif. (2) Pengorganisasian pembelajaran pendidikan agama Islam guru mengarahkan siswa dengan membagikan tugas atau job description kepada siswa saat proses pembelajaran berlangsung. (3) Pelaksanaan rencana pembelajaran pendidikan agama Islam, guru melaksanakan rencana-rencana pembelajaran yang telah disusun secara sistematis dan diimpelentasikan saat proses oembelajaran berlangsung, rencana tersebut didalamnya meliputi strategi pembelajaran siswa aktif dan metode yang digunakan adalah metode diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas. (4) Evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam, guru mengevaluasi dari proses dan hasil pembelajaran. Hasil pembelajaran yang mempengaruhi kepada aspek ranah kognitif, afektif, dan psikomotor siswa. Dengan kedudukan Pendidikan Agama Islam yang strategis dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional, maka perlu partisipasi dari berbagai pihak yang berkompeten dan berwenang membuat kebijakan untuk memberi izin mengadakan kajian keagamaan di luar jam tatap muka di sekolah umum. Hal ini kaitannya dengan pembentukan insan-insan beriman dan bertaqwa seperti amanat dalam Undang-Undang pendidikan. Dengan kerjasama dan dukungan dari siswa semua pihak diharapkan tujuan pendidikan nasional akan segera dicapai.
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Pengguna yang mendeposit: | Mr. Imran Benawi |
Date Deposited: | 04 Nov 2016 04:04 |
Last Modified: | 04 Nov 2016 04:07 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/989 |
Actions (login required)
View Item |