Tipe-Tipe Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Di Kecamatan Percut Sei Tuan Kabuapaten Deli Serdang

Dakwati, Dakwati (2012) Tipe-Tipe Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Di Kecamatan Percut Sei Tuan Kabuapaten Deli Serdang. Masters thesis, Pascasarjana UIN-SU.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (983kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe-tipe kepribadian guru pendidikan agama Islam di Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Lebih rinci penelitian dilanjutkan untuk mengetahui tipe-tipe kepribadian guru pendidikan agama Islam berdasarkan jenis kelamin, berdasarkan kelompok usia dan berdasarkan tingkat pendidikan. Penelitian ini adalah termasuk penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah semua Guru Pendidikan Agama Islam tingkat Sekolah Dasar Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang sebanyak 145 orang, sedangkan sampelnya sebanyak 50 orang yang mewakili jenis kelamin laki-laki dan perempuan, usia dewasa awal dan madya serta guru yang berpendidikan SLTA, Diploma dan Sarjana. Data penelitian dikumpul melalui angket, wawancara dan observasi. Hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa secara umum, tipe kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam tingkat Sekolah Dasar di Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang tahun 2012 adalah berkepribadian ekstraversi-introversi sebanyak 76%, neurotisme 2% dan 22% berkepribadian gabungan ekstraversi-neurotisme. Dan tidak ada yang berkepribadian psikotisme dan ekstraversi-psikotisme. Apabila ditinjau dari jenis kelamin, 90 % ekstraversi-introversi dan ekstraversi-neurotisme sebanyak 10%. Dan tidak ada yang berkepribadian neurotisme, psikotisme dan ekstraversi-psikotisme. Guru perempuan berkepribadian ekstraversi-introversi 72%, neorotisme 3%, dan ekstraversi-neurotisme sebanyak 25% . Dan tidak ada guru yang berkepribadian, psikotisme dan ekstraversi-psikotisme. Guru berusia dewasa awal berkepribadian ekstraversi 92%, ekstraversi-neurotisme 8%, dan tidak ada yang berkepribadian neurotisme, psikotisme dan ekstraversi-psikotisme. Guru berusia dewasa madya berkepribadian ekstraversi-introversi 71%, neurotisme 3%, ekstraversi-neurotisme sebanyak 26%, dan tidak ada yang berkepribadian psikotisme dan ekstraversi-psikotisme. Guru yang berpendidikan SLTA adalah berkepribadian ekstraversi-introversi 100% dan tidak ada yang berkepribadian neurotisme, psikotisme dan ekstraversi-neurotisme dan ekstraversi-psikotisme. Untuk tingkat diploma adalah berkepribadian ekstraversi-introversi, 68%, ekstraversi-neurotisme 32%, dan tidak ada yang berkepribadian neurotisme, psikotisme dan ekstraversi-psikotisme. Untuk tingkat pendidikan Sarjana adalah berkepribadian ekstraversi-introversi 77%, neurotisme 3%, ekstroversi-neourotisme sebanyak 20%, dan tidak ada yang berkepribadian psikotisme dan ekstraversi-psikotisme.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 03 Nov 2016 08:08
Last Modified: 03 Nov 2016 08:08
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/988

Actions (login required)

View Item View Item