Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Binjai

Luthfiah, Dina Aulia (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Binjai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DINA AULIA LUTHFIAH.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Problem Based Learing (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMA Negeri 4 Binjai. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 4 Binjai Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan rata-rata usia 16 sampai dengan 17 tahun, yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas XI dengan 15 siswa kelas eksperimen yang diajar dengan model Problem Based Learning dan 15 siswa untuk kelas kontrol yang diajar secara konvensional. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Pengujian hipotesis yang dilakukan menggunakan uji test “t”. Hasil temuan menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata pre-test sebesar 27,87 dan rata-rata post-test sebesar 83,40, pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pre- test 21,07 dan rata-rata post-test 57,67. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada kelas eksperimen diperoleh nilai sebesar 14,358 dan 1,701 sehingga yaitu . Pada kelas kontrol diperoleh nilai sebesar 10,092 dan 1,701 sehingga yaitu . Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa lebih baik ketika diajarkan dengan model Problem Based Learning

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Problem Based Learning
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 13 Nov 2020 07:51
Last Modified: 13 Nov 2020 07:51
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9864

Actions (login required)

View Item View Item