Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Materi Lingkaran Untuk Kelas VIII SMP Swasta Islam Annur Prima

Arriza, Lovieanta (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Materi Lingkaran Untuk Kelas VIII SMP Swasta Islam Annur Prima. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LOVIEANTA ARRIZA -(0305161057).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif dengan menggunakan Adobe Flash yang valid, praktis dan efektif agar dapat diterapkan sebagai media pembelajaran matematika pada materi lingkaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada salah satau model atau pendekatan desain sistem pembelajaran yaitu model ADDIE yang merupakan singkatan dari Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Islam Annur Prima yang berjumlah 14 orang. Jenis data pada penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi media dan materi, angket respon siswa dan guru serta tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kevalidan media berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi mendapatkan rata-rata persentase sebesar 89,93% dengan kriteria “sangat baik/sangat valid”. (2) Kepraktisan media pembelajaran berdasarkan respon siswa dan guru setelah menggunakan media mendapatkan rata-rata persentase sebesar 93,75% yang termasuk kriteria “sangat praktis”. (3) Keefektifan media berdasarkan hasil ketuntasan belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran matematika interaktif sebesar 86%. Dari hasil perhitungan manual diperoleh n-gain score sebesar 0,40. Kemudian untuk uji t didapat nilai thitung= 14,91 serta nilai ttabel= 2,16 yang artinya thitung > ttabel dan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash dapat dikatakan layak dengan kategori valid, praktis dan efektif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Multimedia Interaktif, Adobe Flash, Lingkaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 13 Nov 2020 07:43
Last Modified: 13 Nov 2020 07:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9863

Actions (login required)

View Item View Item