Sari, Yunita (2019) Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Mengadakan Variasi Pada Pembelajaran Tematik Dikelas V SDN 101896 Kiri Hulu Tanjung Morawa. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI ayu.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Sesuaidenganrumusanmasalah, penelitianinibertujuan: (1) Mendeskripsikan kompetensi guru dalam mengadakan variasi pada pembelajaran tematik di kelas V C SDN101896 Kiri Hulu Tanjung Morawa, (2) Mengetahui respon siswa kelas V C SDN 101896 Kiri Hulu Tanjung Morawa, (3) Mengetahui kendala-kendala yang dialami guru saat mengadakan variasi pada pembelajaran tematik di kelas V C SDN 101896 Kiri Hulu Tanjung Morawa. Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatif-naturalistikyaituberupa datadata dantertulismaupunlisandari orang danperilaku yang di amati. Subjek dalam penelitian ini adalag guru kelas V C SDN 101896 Kiri Hulu Tanjung Morawa. Dalam proses pengumpulan data penelitimenggunakantigametodepengumpulan data yaitu, observasi, wawancaradandokumentasi. Analisis yang dilakukanyaitudengankonsep Mules danHubermenyaituAnalisis data, reduksi data, penyajian data, danpenarikankesimpulan.Penjaminkeabsahan data menggunakanTriangulasidantersedianyarefrensi. Dari hasilpenelitiandapatdiambilkesimpulanbahwa: (1) Kemampuan guru dalam mengadakan variasi pembelajaran tematik di kelas V C sudah baik dapat dilihat berdasarkan indikator seperti variasi suara, gaya mengajar, interaksi guru dan siswa sudah mulai terjadi dengan baik dapat dilihat dari motivasi belajar siswa serta hasil evaluasi. (2) respon siswa saat melaksanakan variasi pada pembelajaran siswa berantusias dan bersemangat. Siswa bukan hanya menjadi penerima tapi pemberi pendapat dapat dilihat siswa belajar berdasarkan minat dan kemampuanya sendiri, reaksi antata guru dan siswa sudah mulai terjalin sehingga pembelajaran disekolah menjadi lebih hidup. (3) Kendala-kendala yang dialami guru saat melaksanakan variasi pembelajaran adalah karakter siswa yang berbeda-beda sehingga guru kesulitan untuk mengkondisikan kelas dan banyaknya materi yang dikemas dalam tema-tema membuat guru tidak bisa terlalu banyak melakukan variasi pada pembelajaran.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Guru Sekolah Dasar, Dalam Mengadakan Variasi Pada Pembelajaran Tematik |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 13 Nov 2020 07:04 |
Last Modified: | 13 Nov 2020 07:04 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9859 |
Actions (login required)
View Item |