Peran Guru dalam Penerapan Metode Menghafal Hadits di SDIT Cendekia, Kecamatan Siantar Barat, Pematangsiantar

Hasibuan, Andi Prahara (2020) Peran Guru dalam Penerapan Metode Menghafal Hadits di SDIT Cendekia, Kecamatan Siantar Barat, Pematangsiantar. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Tesis Full Andi ( Bismillah )_0.pdf

Download (7MB)

Abstract

Menghafal hadits tidak hanya dilakukan di pesantren saja, namun dilaksanakan dan dikembangkan melalui lembaga pendidikan. Mengingat bahwa anak usia SD merupakan sosok yang penuh potensi, memiliki karakteristik yang unik, rasa ingin tahu yang tinggi, sera memiliki daya ingat yang tajam serta memiliki daya ingin tahu yang tinggi, hadits-hadits tersebut dapat diperkenalkan sejak usia dini, dimulai dari membaca, menghafal hingga mengamalkannya pada kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui: (1) Peran guru dalam penerapan menghafal hadits di SDIT Cendekia; (2) Metode yang diterapkan guru dalam menghafalkan hadits di SDIT Cendekiatersebut dapat menghafal dengan cepat dan benar; dan (3) Dampak yang diperoleh siswa dari penerapan menghafal hadits di SDIT Cendekia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research atau penelitian lapangan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dalam analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu data yang terkumpul kemudian dianalisis sehingga menjadi kesatuan yang konklusif dengan menggunakan pendekatan induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) peran guru dalam penerapan menghafal hadits di SDIT Cendekia, diantaranya sebagai fasilitator kepada siswa, sebagai motivator, dan menanamkan akhlak yang baik kepada siswa yang sesuai dengan tuntunan dan prilaku Nabi melalui pembiasaan-pembiasaan yang ditunjukkan oleh guru-guru; (2) metode-metode yang diterapkan guru dalam menghafal hadits di SDIT Cendekia menggunakan metode lisan dan gerakan untuk kelas bawah (kelas 1 dan kelas 2), metode thariqah tasalsuli, thariqah jam’i, dan thariqah muqassamuntuk kelas atas (kelas 3,4,5, dan 6), dan metode teguran untuk semua kelas yang bertujuan untuk mengingatkan siswa atas kekhilafan dalam bersikap; (3) dampak yang diperoleh siswa dari penerapan menghafal hadist di SDIT Cendekia, diantaranya akhlak dan perbuatan siswa lebih terarah, siswa lebih mengenal dan mencintai Nabi, siswa dapat mengetahui akhlak yang ada pada diri Rasulullah, siswa saling mengingat sesama teman jika perbuatannya tidak sesuai denganhadits Nabi yang mereka pelajari, dan selalu berusaha berprilaku sesuai hadits Nabi.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Peran, Guru, Penerapan, Metode, Menghafal, Hadit
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Pendidikan Agama Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 13 Nov 2020 05:34
Last Modified: 13 Nov 2020 05:34
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9854

Actions (login required)

View Item View Item