Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bertukar Pasangan dan Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Kemampuan Representasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Kelas X materi SPLTV di MAN 1 Medan T.P 2019/2020

Syahbanda, Amroni (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bertukar Pasangan dan Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Kemampuan Representasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Kelas X materi SPLTV di MAN 1 Medan T.P 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AMRONI SYAHBANDA PDF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan dan kooperatif tipe two stay two stray terhadap kemampuan representasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Analisis ini menggunakan variabel independen yaitu kooperatif tipe bertukar pasangan dan kooperatif tipe two stay two stray. Variabel dependennya kemampuan representasi dan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian true eksperimental research (eksperimental sungguhan). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 5 dan MIA 6 MAN 1 Medan. Sampel di pilih dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan test dan memberikan perlakuan terhadap sampel. Metode statistik menggunakan analisis varian (ANAVA), dengan pengujian hipotesis uji t. Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh signifikansi dari model pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan terhadap kemampuan representasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa; 2) Terdapat pengaruh signifikansi dari model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap kemampuan representasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat pengaruh signifikansi dari model pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan dan kooperatif tipe two stay two stray terhadap kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematika siswa pada materi SPLTV kelas X-MIA di MAN 1 Medan T.P 2019/2020.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Representasi, Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Bertukar Pasangan dan Kooperatif tipe Two Stay Two Stray
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Nov 2020 06:49
Last Modified: 11 Nov 2020 06:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9845

Actions (login required)

View Item View Item