Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Think Talk Write Dengan Media Puzzle Pada Pembelajaran IPS Materi Lembaga Ekonomi Di Kelas IV SDN 060872 Keluarahan Tegal Rejo Kec. Medan Perjuangan

Siregar, Rana Sopiah (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Think Talk Write Dengan Media Puzzle Pada Pembelajaran IPS Materi Lembaga Ekonomi Di Kelas IV SDN 060872 Keluarahan Tegal Rejo Kec. Medan Perjuangan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skiripsi Rana sopiah siregar betul.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1)untuk mengetahui Hasil belajar siswa sebelum diterapkan model Think Talk Write dengan media Puzzle pada mata pelajaran IPS materi lembaga ekonomi di kelas IV SDN 060872 Medan Perjuangan. 2)Untuk mengetahui Penerapan model Think Talk Write dengan media Puzzle pada mata pelajaran IPS materi lembaga ekonomi di kelas IV SDN 060872 Medan Perjuangan 3)Untuk mengetahui Hasil belajar siswa setelah diterapkan model Think Talk Write dengan media Puzzle pada mata pelajaran IPS materi lembaga ekonomi di kelas IV SDN 060872 Medan Perjuangan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom ActionResearch) yang menggunakan tahapan berupa siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subyek penelitian ini adalah kelas 4 yang berjumlah 27 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Think Talk Write dengan media Puzzle mampu dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam Mata Pelajaran IPS materi lembaga ekonomi salah satunya koperasi.Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil belajar peserta didik yang meningkat setelah melakukan pembelajaran dengan menggunkan model Think Talk Write dengan media Puzzle. Pada tahap PreeTest terdapat rata-rata 52,96% dengan ketuntasan klasikal 25,59% dengan jumlah 7 orang siswa yang tuntas. Pada Siklus I rata-rata hasil belajar 68,15 dengan ketuntasan klasikal mencapai 51,85% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 14 orang, pada Siklus II rata-rata hasil belajar 84,44%. dengan ketuntasan klasikal mencapai 88,89% dengan sebanyak 24 siswa yang tuntas.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 11 Nov 2020 05:00
Last Modified: 11 Nov 2020 05:17
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9830

Actions (login required)

View Item View Item