Pengaruh Pembelajaran Teams Games Tournaments Menggunakan Media Puzzle Pada Materi Organisasi Pergerakan Nasional Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Binjai Tahun Pelajaran 2019-2020

Saif, Fakhruna (2020) Pengaruh Pembelajaran Teams Games Tournaments Menggunakan Media Puzzle Pada Materi Organisasi Pergerakan Nasional Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Binjai Tahun Pelajaran 2019-2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Fakhruna Saif, PIPS 2015.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh pembelajaran teams games tournaments menggunakan puzzle pada materi organisasi pergerakan kemerdekaan Indonesia terhadap hasil belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Binjai tahun pelajaran 2019-2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dimana penelitian kuantitatif lebih menekankan pengolahan datanya dalam bentuk angka serta dalam mengolah data pada penelitian ini menggunakan bantuan microsoft excel 2010. Seluruh kelas VIII di sekolah ini ditetapkan sebagai populasi penelitian yang terdiri dari 5 kelas. Adapun sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII-1 dan VIII-3 dengan ditentukan berdasarkan cluster random sampling. Kelas eksperimen yaitu kelas VIII-1 dan kelas kontrol yaitu kelas VIII-3. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrument tes, tes dibagikan kepada seluruh sampel dengan jumlah dan pertanyaan yang sejenis. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Uji T dan Uji N-Gain. Sebelum merujuk kepada Uji-T dan Uji NGain, data keseluruhan harus bersifat homogen dan normalitas. Sehingga didapatkan hasil yang diinginkan pada Uji-t dan Uji N-Gain. Hasil akhir pada penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara pembelajaran teams games tournaments menggunakan media puzzle terhadap hasil belajar dengan memproleh hasil dari THitung = 19,73 > TTabel = 1,697 dengan taraf 0,05. Berdasarkan hasil dari uji N-Gain dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran teams games tournaments dengan menggunakan puzzle termasuk kedalam kategori pembelajaran yang efektif dan tepat untuk diterapkan dalam mata pelajaran IPS materi organisasi pergerakan nasional dengan taraf nilai yang dihasilkan 75,89. Kesimpulan dari penelitian ini, bahwa pembelajaran teams games tournaments menggunakan puzzle memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPS kelas VIII SMP Negeri 8 Binjai.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 11 Nov 2020 03:25
Last Modified: 11 Nov 2020 03:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9828

Actions (login required)

View Item View Item