Hubungan Kepemimpinan Kepala Madrasah Wanita Tehadap Produktivitas Kerja Guru Di Mts N 3 Medan

Khairat, Miftahul (2020) Hubungan Kepemimpinan Kepala Madrasah Wanita Tehadap Produktivitas Kerja Guru Di Mts N 3 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi Miftahul Khairat .pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kepemimpinan kepala madrasah wanita di Mts N 3 Medan; 2) produktivitas kerja guru di MTs N 3 Medan; 3) Hubungan yang signifikan antara kepemimpinan kepala madrasah wanita terhadap produktivitas kerja guru di MTs N 3 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi 40 guru dan memiliki sampel 40 guru. Adapun instrument pengumpulan data adalah dengan angket. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Metode penelitian korelasional yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara kedua variabel. Hasil penelitian menunjukkan Sebaran skor kepemimpinan kepala madrasah wanita sebanyak 10 orang (25 %) berada di bawah rata-rata kelas atau berkategori kurang kepemimpinan kepala madrasah wanita dan sebanyak 10 orang (25 %) berada pada rata-rata kelas kepemimpinan kepala madrasah atau berkategori cukup dan sebanyak 17 orang (42,50%) di atas rata-rata atau berkategori baik. Berdasarkan data di atas maka kepemimpinan kepala madrasah umumnya berada di atas rata-rata atau berkategori baik. Sebaran skor produktivitas kerja guru sebanyak 20 orang (50%) berada di bawah rata-rata kelas interval atau berkategori kurang dan sebanyak 11 orang (27,50 %) berada pada rata-rata kelas interval atau berkategori sedang dan sebanyak 9 orang (22,50%) di atas rata-rata atau berkategori baik. Berdasarkan data di atas maka produktivitas kerja guru umumnya berada di atas rata-rata atau berkategori baik. Kepemimpinan kepala madrasah wanita mempunyai hubungan positif secara signifikan dengan Produktivitas kerja guru dimana besaran koefisien 0,39, dan melalui uji t yang telah dilakukan ternyata diperoleh t hitung = 2,636 sedangkan nilai t tabel = 2,02. Oleh karena t hitung > t tabel hal ini menunjukkan bahwa hubungan keduanya positif dan signifikan dengan bentuk hubungan linier dan prediktif melalui garis regresi Ŷ = 67,18 + 0,29 X. Persamaan ini memberikan makna bahwa jika kepemimpinan kepala sekolah ditingkatkan sebesar satu unit, maka produktivitas kerja guru akan meningkat sebesar 0,29 unit. Penelitian yang dilakukan memberikan kesimpulan bahwa kepemimpinan kepala madrasah wanita berhubungan dengan produktivitas kerja guru. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa peningkatan produktivitas kerja guru dapat dilakukan oleh kepemimpinan kepala madrasah wanita.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 05 Nov 2020 14:53
Last Modified: 05 Nov 2020 14:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9816

Actions (login required)

View Item View Item