Perbedaan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Course Review Horay dan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV MIS Nurul Iman Tanjung Morawa

Anugrah, Aigadilla (2020) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Course Review Horay dan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV MIS Nurul Iman Tanjung Morawa. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Aigadilla Anugrah (0306162073)-dikonversi (1).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil belajar pembelajaran tematik siswa yang diajarkan dengan model Course Review Horay. 2) Bagaimana hasil belajar pembelajaran tematik siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL). 3) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar pembelajaran tematik siswa yang diajarkan dengan model Course Review Horay dan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kuasi eksperimen dengan sampel pada penelitian ini yakni kelas IV B sebagai kelas eksperimen A yang diajarkan dengan model Course Review Horay dan kelas IV C sebagai kelas ekaperimen B yang diajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Course Review Horay lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL). Hasil belajar siswa kelas eksperimen A dengan model Course Review Horay diperoleh rata-rata posttest yaitu 91,7. Sedangkan hasil belajar siswa kelas eksperimen B dengan model Problem Based Learning (PBL) diperoleh rata-rata posttest yaitu 83,9. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,003 > 1,671 pada taraf signifikansi α= 0,05. Hal ini berarti hipotesis dalam penelitian ini Ha dapat diterima dan dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan model Course Review Horay dan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV MIS Nurul Iman Tanjung Morawa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 05 Nov 2020 13:32
Last Modified: 05 Nov 2020 13:32
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9810

Actions (login required)

View Item View Item